Perbandingan Kekuatan Militer Sekutu dan Blok Sentral Pada Perang Dunia I

Sabtu, 29 Juli 2023 - 18:15 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Sekutu dan Blok Sentral Pada Perang Dunia I
Perang Dunia I memiliki dua kubu yakni sekutu dan sentral yang saling berperang. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Perang Dunia I merupakan sebuah konflik global yang berlangsung dari tahun 1914 hingga 1918. Perang tersebut melibatkan sebagian besar negara-negara Eropa yang terbagi menjadi dua blok aliansi, yakni Sekutu (atau Entente) dan Blok Sentral (atau Poros).

Perang Dunia I berakhir dengan gencatan senjata dan adanya perjanjian damai yang resmi ditandatangani pada 28 Juni 1919 di Versailles, Prancis. Diketahui, hasil peperangan tersebut dimenangkan oleh pihak Sekutu, yaitu Britania Raya, Prancis, Rusia dan beberapa negara lain di luar Eropa seperti Amerika dan negara kawasan Asia.

Pada perang tersebut, sekutu memang memiliki kekuatan yang lebih besar daripada Blok Sentral, baik dari segi jumlah personel, persenjataan darat, maupun udara. Jika dihitung, perbandingan militer antara Sekutu dan Blok Sentral sangatlah jauh berbeda.

Perbandingan Kekuatan Militer Sekutu dan Blok Sentral Pada Perang Dunia I

1. Jumlah Personel

Pada tahun 1914, jumlah tentara Sekutu mencapai sekitar 12 juta personil tentara. Jumlah tersebut masih berasal dari tiga negara sekutu utama, yaitu Rusia, Britania Raya dan Prancis.

Sementara Blok Sentral memiliki jumlah tentara yang lebih sedikit pada tahun itu, yakni 9 juta tentara saja. Jumlah tersebut kemudian berkurang lantaran Italia keluar dari aliansi itu pada tahun 1915.

Jumlah tentara Sekutu pun meningkat pada tahun 1918 menjadi sekitar 42 juta orang, termasuk 2 juta dari Amerika Serikat. Sedangkan Blok Sentral hanya sekitar 25 juta orang saja.

2. Kapal Perang

Di tahun 1914, jumlah kapal perang sekutu sudah unggul terlebih dahulu, yakni mencapai 775 unit. Sementara Blok Sentral hanya memiliki sekitar 331 unit saja.

Jumlah tersebut kembali berubah seiring perang akan berakhir. Jumlah kapal perang Sekutu menjadi 1.200 unit dan Blok Sentral menurun hingga 200 unit lantaran hancur ketika berlangsungnya perang.

3. Pesawat Tempur

Di awal peperangan berlangsung, Sekutu memiliki sekitar 200 unit pesawat tempur. Jumlah tersebut lebih banyak dari Blok Sentral yang hanya mempunyai 180 unit saja.

Seiring dengan dengan bertambahnya negara yang tergabung dalam aliansi, pada tahun 1918, Sekutu memiliki 200.000 unit pesawat tempur. Sedangkan Blok Sentral hanya sekitar 77.000 unit saja.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)