Menteri Keamanan Nasional Israel Pimpin Ribuan Warga Yahudi Serbu Masjid Al-Aqsa

Jum'at, 28 Juli 2023 - 01:15 WIB
loading...
Menteri Keamanan Nasional Israel Pimpin Ribuan Warga Yahudi Serbu Masjid Al-Aqsa
Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir dikenal sangat ingin menguasai Masjid Al-Aqsa. Foto/Reuters
A A A
JERUSALEM - Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir kembali memimpin ribuan pendukung ultranasionalis ke kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur. Insiden itu dikecam oleh negara-negara Muslim karena melanggar kesepakatan internasional.

Masuknya menteri yang provokatif ke tempat suci pada hari Kamis terjadi ketika orang Yahudi merayakan Tisha B'Av, hari puasa untuk berkabung atas kehancuran dua kuil kuno Yahudi.

“Tempat ini penting bagi kami dan kami harus kembali ke sana dan membuktikan kedaulatan kami,” kata Ben-Gvir saat memimpin kelompok itu, seraya menambahkan bahwa “persatuan bangsa Israel itu penting”, dilansir Al Jazeera.

Ben-Gvir secara konsisten membuat pernyataan anti-Palestina dan merupakan mantan pemimpin pemuda dari kelompok yang sekarang dilarang yang dinyatakan Israel sebagai organisasi "teroris".



Kunjungan tersebut dilakukan ketika beberapa kelompok Yahudi Israel garis keras mempromosikan penghancuran kompleks Masjid Al-Aqsa – salah satu situs tersuci dalam Islam dan simbol nasional Palestina – dan pembangunan kuil Yahudi ketiga sebagai gantinya.

Sementara Yahudi ultraortodoks, bersama dengan Kepala Rabbi Israel, bahkan secara tegas melarang masuknya orang Yahudi ke kompleks itu karena alasan agama. Namun, kelompok nasionalis dan Zionis seperti Ben-Gvir telah mendorong upaya untuk menguasai Masjid Al-Aqsa dalam beberapa tahun terakhir.

"Situasi di kompleks tersebut sangat tegang,” kata Laura Khan dari Al Jazeera, melaporkan dari salah satu pintu masuk ke kompleks tersebut.



Setidaknya 1.700 orang Yahudi telah memasuki situs tersebut di bawah perlindungan polisi. Satu orang telah ditangkap dan beberapa argumen telah pecah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)