5 Alasan Mengapa Banyak Remaja Palestina di Jenin Ingin Menjadi Syuhada

Sabtu, 15 Juli 2023 - 22:49 WIB
loading...
5 Alasan Mengapa Banyak Remaja Palestina di Jenin Ingin Menjadi Syuhada
Banyak remaja Palestina ingin menjadi syuhada karena berjuang melawan Israel. Foto/Al Jazeera
A A A
JENIN - Jenin, Tepi Barat yang diduduki Israel , para remaja itu tak segan-segan ketika ditanya apa cita-cita mereka ketika besar nanti. “Para syuhada,” kata mereka serempak, mengacu pada istilah yang digunakan oleh orang Palestina untuk menggambarkan siapa saja yang dibunuh oleh orang Israel.

Tetapi ketika ditanya apa yang mereka inginkan jika mereka tidak hidup di bawah pendudukan Israel, keheningan menyelimuti ruang tamu kecil sebuah apartemen di kamp pengungsi Jenin di mana ketujuh sahabat, berusia 14 hingga 18 tahun, berkumpul. Mereka tidak punya jawaban.

Berikut adalah 5 alasan kenapa banyak remaja Palestina di Jenin ingin menjadi syuhada.

1. Berawal Membantu Para Pejuang Palestina

5 Alasan Mengapa Banyak Remaja Palestina di Jenin Ingin Menjadi Syuhada

Foto/Al Jazeera

Sebaliknya, mereka mulai menceritakan bagaimana mereka telah membantu para pejuang Palestina menanggapi serangan besar-besaran Israel minggu lalu di mana sekitar 1.000 tentara dengan kendaraan lapis baja dan didukung oleh drone dan rudal menyerbu kamp tersebut.

Beberapa mengatakan mereka telah memata-matai posisi Israel dan membawa pesan. Yang lainnya membuat bom molotov. Mereka semua mengatakan mereka memainkan peran mereka.

“Kami tidak takut. Kami sudah terbiasa dengan ini,” kata Araf, 17 tahun, dilansir Al Jazeera.


2. Tidak Ada Masa Depan Cerah

5 Alasan Mengapa Banyak Remaja Palestina di Jenin Ingin Menjadi Syuhada

Foto/Al Jazeera

Komentarnya mencerminkan keyakinan banyak anak muda di Jenin bahwa melawan pendudukan adalah tujuan utama hidup mereka. Dihadapkan dengan kurangnya prospek untuk masa depan, di mata anak muda di sini, perlawanan adalah satu-satunya cara untuk menghadapi kenyataan di mana tentara Israel menerobos rumah mereka, menangkap orang tua mereka, dan bahkan membunuh teman atau kerabat mereka.

Ini, kata pakar kesehatan mental, berarti kematian sering kali menjadi skenario yang terlalu nyata.

“Pemuda melihat nasib orang-orang di sekitar mereka. Mereka tahu kemungkinan besar mereka akan berkonfrontasi dengan tentara dan mereka mungkin mati,” kata Samah Jabr, kepala departemen kesehatan mental Otoritas Palestina. “Itu bagian dari kenyataan di sekitar kita. Tidak satu hari pun berlalu tanpa mendengar adanya korban baru.”

3. Terbiasa dengan Penderitaan

Kamp pengungsi Jenin menampung 14.000 orang yang tinggal di lahan kurang dari setengah kilometer persegi. Ini memiliki salah satu tingkat pengangguran dan kemiskinan tertinggi di semua lokasi pengungsi di Tepi Barat yang diduduki, angka PBB menunjukkan.

Abu al-Ezz, mantan pelatih gym berusia 32 tahun yang hanya memberikan nama panggilannya, mengatakan kenangan masa kecilnya penuh dengan dia dan teman-temannya menghadapi pasukan Israel yang menyerbu kamp. Itu telah membawanya ke tempat dia hari ini – melawan pasukan Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)