Presiden Abbas Sebut Jenin sebagai Ikon Perjuangan Palestina

Kamis, 13 Juli 2023 - 00:25 WIB
loading...
Presiden Abbas Sebut Jenin sebagai Ikon Perjuangan Palestina
Presiden Palestina Mahmoud Abbas berkunjung ke Jenin. Foto/Reuters
A A A
TEPI BARAT - Presiden Palestina Mahmoud Abbas memuji kamp Jenin sebagai "ikon perjuangan" selama perjalanan pertamanya ke daerah itu dalam lebih dari satu dekade. Itu di tengah kelompok-kelompok pejuang Palestina bersenjata mendapatkan dukungan rakyat dibandingkan Otoritas Palestina.

Abbas, 87, juga berjanji untuk membangun kembali kamp pengungsi Jenin. Janji itu diungkap seminggu setelah serangan mematikan Israel menghancurkan sebagian besar kamp di Tepi Barat yang diduduki.

Presiden Abbas Sebut Jenin sebagai Ikon Perjuangan Palestina

Foto/Reuters

Serangan dua hari Israel minggu lalu—operasi terbesar dalam beberapa tahun, yang melibatkan ratusan tentara, serangan pesawat tak berawak dan buldoser lapis baja—menewaskan 12 warga Palestina dan satu tentara Israel.



Israel memandang daerah perkotaan yang padat penduduk, kubu kelompok pejuang Palestina termasuk Jihad Islam dan Hamas, sebagai "pusat terorisme" dan telah sering melancarkan serangan bersenjata di sana sejak awal tahun lalu.

Ketidakpuasan rakyat terhadap Otoritasr Palestina, yang bekerja sama dengan Israel dalam keamanan, telah membara di Jenin, dan massa pekan lalu mencemooh beberapa pejabat tinggi partai Fatah Abbas yang berkunjung, termasuk wakil ketua Mahmoud Aloul.

Pada hari Rabu (12/7/2023) , Abbas menyatakan tekadnya untuk mendukung rekonstruksi dan keamanan Jenin, menggambarkan kamp tersebut sebagai "ikon ketabahan dan perjuangan" dalam pidato singkat kepada para pendukung yang bersorak sorai.

“Kami datang untuk mengatakan bahwa kami adalah satu otoritas, satu negara, satu hukum,” kata Abbas, dilansir Arab News. Dia memperingatkan siapa pun yang “merusak persatuan dan keamanan rakyat Palestina.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2250 seconds (0.1#10.140)