India Kembangkan Sistem Rudal Sendiri, Saingi S-400 Canggih Rusia

Kamis, 27 Juli 2023 - 12:10 WIB
loading...
India Kembangkan Sistem Rudal Sendiri, Saingi S-400 Canggih Rusia
India kembangkan sistem rudal sendiri dengan kemampuan yang akan menyaingi sistem rudal S-400 Rusia. Foto/NDTV
A A A
NEW DELHI - India sedang mengerjakan proyek senilai USD2,5 miliar untuk mengembangkan sistem pertahanan rudal dalam negeri yang dapat menetralkan pesawat dan rudal musuh pada jarak 400 km (248 mil).

Senjata pertahanan itu akan menjadi pesaing sistem rudal S-400 Rusia—yang juga memiliki jangkauan tembak hingga 400 km.

Saat ini, India dan tetangganya; China, memiliki sistem rudal S-400 yang dibeli dari Rusia.

Asia News International (ANI), pada Kamis (27/7/2023), melaporkan sistem pertahanan rudal permukaan-ke-udara (LRSAM) jarak jauh tiga lapis, yang sedang dikembangkan oleh India, akan memiliki kemampuan untuk menjatuhkan pesawat dan rudal musuh pada jarak 400 km.



Jika diterapkan dengan sukses, India dapat bergabung dengan kelompok elite negara-negara seperti Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Prancis, Israel, dan China yang memiliki kemampuan militer pribumi untuk menghancurkan aset musuh di udara dari jarak jauh.

India ingin mengerahkan sistem pertahanan LRSAM untuk memperkuat perbatasannya dari ancaman tetangganya yang bersenjata nuklir; Pakistan dan China.

Sistem rudal buatan dalam negeri yang dirancang untuk tiga lapis rudal permukaan-ke-udara akan memungkinkannya untuk mencapai target musuh di berbagai jarak dengan kecepatan dan akurasi.

Perkembangan ini terjadi hanya satu setengah tahun setelah Rusia mengirimkan skuadron pertama sistem pertahanan rudal S-400 ke India meskipun ada tekanan yang meningkat dari AS.

Sejauh ini, India telah menerima tiga skuadron sistem pertahanan rudal S-400 di bawah kesepakatan senilai USD5,43 miliar dengan Rusia yang ditandatangani pada tahun 2018.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)