9 Perang Saudara Terlama di Dunia, 5 di Antaranya di Negara Mayoritas Muslim

Rabu, 26 Juli 2023 - 12:37 WIB
loading...
A A A
Perang Saudara Kolombia merupakan salah satu konflik paling panjang dan rumit di Amerika Latin, dan upaya untuk mencapai perdamaian dan stabilitas di negara ini terus berlanjut.

2. Konflik Afghanistan (1978-Sekarang)


Afghanistan dilanda serangkaian konflik, termasuk Perang Soviet-Afghanistan, perang saudara, dan konflik berkelanjutan dengan Taliban dan kelompok pemberontak lainnya.

Negara mayoritas Muslim ini sekarang dikendalikan oleh Taliban. Namun perang saudara belum sepenuhnya berakhir karena kelompok milisi seperti ISIS-K masih melakukan perlawanan.

Begitu juga dengan pasukan pemerintah pro-Barat yang digulingkan Taliban masih ingin merebut kembali kekuasaan.

3. Perang Saudara Sudan (1955-2005)


Negara mayoritas Muslim ini mengalami beberapa perang saudara, termasuk Perang Saudara Sudan Pertama (1955-1972) dan Perang Saudara Sudan Kedua (1983-2005).

Perang Saudara Sudan Kedua berujung pada kemerdekaan Sudan Selatan.

4. Perang Saudara Suriah (2011-Sekarang)


Konflik Suriah dimulai sebagai bagian dari protes Arab Spring tahun 2011 dan telah berkembang menjadi perang saudara yang kompleks yang melibatkan banyak faksi dan intervensi internasional.

Negara mayoritas Muslim yang dipimpin Presiden Bashar al-Assad ini masih menderita perang saudara sampai sekarang, di mana faksi-faksi oposisi bersenjata atau pemberontak belum sepenuhnya menyerah.

Sisa-sisa milisi yang tergabung dalam kelompok ISIS juga memperparah perang saudara di Suriah.

5. Perang Saudara Yaman (2015-Sekarang)


Yaman telah menghadapi perang saudara yang menghancurkan yang melibatkan pemberontak Houthi, pasukan pemerintah, dan koalisi regional sejak 2015.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)