9 Perang Saudara Terlama di Dunia, 5 di Antaranya di Negara Mayoritas Muslim

Rabu, 26 Juli 2023 - 12:37 WIB
loading...
9 Perang Saudara Terlama di Dunia, 5 di Antaranya di Negara Mayoritas Muslim
Perang Saudara Suriah termasuk di antara sembilan perang saudara terlama di dunia. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada sembilan konflik yang tercatat sebagai perang saudara terlama di dunia. Dari sembilan konflik itu, lima di antaranya terjadi di negara mayoritas Muslim.

Hampir semua konflik ini dipicu oleh perebutan kekuasaan baik antara pasukan pemerintah dengan kubu pemberontak maupun antarfaksi.



9 Perang Saudara Terlama di Dunia

1. Perang Saudara Kolombia (1964-Sekarang)


Konflik di Kolombia telah melibatkan berbagai kelompok bersenjata, termasuk gerilyawan sayap kiri, paramiliter sayap kanan, dan pasukan pemerintah.

Perang Saudara Kolombia dimulai pada tahun 1964, ketika kelompok pemberontak komunis yang dikenal sebagai FARC (Revolutionary Armed Forces of Colombia) didirikan. Kelompok pemberontak ini bertujuan untuk menciptakan negara sosialis di Kolombia.

Selain FARC, kelompok pemberontak lainnya seperti ELN (National Liberation Army) dan beberapa kelompok paramiliter turut berperan dalam konflik ini.

Penyebab utama konflik ini mencakup ketidaksetaraan sosial, konflik agraria, perdagangan narkoba, serta pertempuran kekuasaan dan pengaruh politik di negara tersebut. Perang ini telah menyebabkan ribuan kematian, pembuangan paksa, dan kehancuran infrastruktur serta lingkungan.

Pada tahun-tahun terakhir sebelum September 2021, ada beberapa langkah menuju perdamaian, termasuk pembentukan perjanjian perdamaian antara pemerintah Kolombia dan FARC yang ditandatangani pada tahun 2016.

Berkat perjanjian damai tersebut, FARC bertransformasi menjadi partai politik yang sah.

Namun perang sudara belum berakhir sepenuhnya karena kelompok pemberontak lain seperti ELN masih melakukan perlawanan di beberapa wilayah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)