Terungkap, Rusia Bombardir Odesa dengan Rudal Pembunuh Kapal Induk dalam Jumlah Tak Wajar

Rabu, 26 Juli 2023 - 11:09 WIB
loading...
A A A
Dia memperingatkan bahwa Rusia akan kalah dalam perang ini dan bersumpah untuk membalas apa yang dia sebut sebagai tindakan terorisme.

Terlepas dari rudal mana yang menyerang apa tepatnya di Odesa dan kota-kota selatan lainnya, laporan bahwa Kh-22 adalah salah satu senjata yang dilemparkan ke pusat-pusat perkotaan ini menunjukkan kelanjutan dari pola penargetan devil-may-care Rusia yang mengganggu.

"Sejak dimulainya perang, kampanye serangan Rusia ditandai dengan intelijen yang buruk dan proses penargetan yang tidak berfungsi," kata Kementerian Pertahanan Inggris, seperti dikutip Insider, Rabu (26/7/2023).

Kh-22 sulit untuk ditembak jatuh, membuatnya kurang rentan dibandingkan senjata lain untuk pertahanan udara Ukraina.

Keuntungan-keuntungan bagi Rusia, betapapun terbatasnya mereka mengingat target yang diserang, datang dengan harga yang harus dibayar oleh warga sipil Ukraina.

"Jenis rudal ini menyebabkan korban manusia terbesar, karena rudal itu sangat tidak akurat," kata kantor kejaksaan umum Ukraina dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada The New York Times.

Pada bulan Januari, rudal Kh-22 menghantam bangunan perumahan di Dnipro, sebuah kota di Ukraina tengah, menewaskan banyak orang. Tidak ada indikasi bahwa perumahan tersebut adalah target yang sah.

Yuriy Ihnat, juru bicara militer Ukraina, mengatakan bahwa rudal Kh-22 yang menghantam sebuah blok apartemen dirancang untuk menghancurkan kelompok kapal induk di laut. "Tidak ada penjelasan atau pembenaran untuk menggunakannya untuk menyerang kota berpenduduk padat," katanya.

Namun serangan semacam ini telah terjadi berulang kali sepanjang perang.

Dalam serangan lain pada Juni 2022, Kh-22 digunakan dalam serangan di pusat perbelanjaan Amstor di Kremenchuk, tempat kebakaran menyebar setelah serangan awal. Serangan mengerikan terhadap sasaran sipil menewaskan sedikitnya 20 orang dan melukai hampir 60 lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)