Jenderal AS Kesal Jet Tempur Rusia Kerap Ganggu Drone Amerika di Langit Suriah

Selasa, 25 Juli 2023 - 22:35 WIB
loading...
A A A
“Pesawat MQ-9 kami sedang melakukan operasi rutin di wilayah udara internasional ketika dicegat dan ditabrak oleh pesawat Rusia, mengakibatkan kecelakaan dan hilangnya MQ-9 sepenuhnya,” kata Gedung Putih saat itu.

“Tindakan tidak aman dan tidak profesional oleh Rusia ini hampir menyebabkan kedua pesawat jatuh,” kata Jenderal James Hecker, komandan angkatan udara AS di Eropa dan Afrika.

Video kejadian itu menunjukkan pesawat Rusia membuang bahan bakar ke drone. Rekaman terputus saat kedua pesawat bertabrakan.

Komando AS di Eropa menyebutnya sebagai bagian dari "pola tindakan berbahaya" oleh pilot Rusia saat berinteraksi dengan pesawat Amerika di wilayah udara internasional.

Setelah pernyataan kemarahan AS hari ini, The Washington Examiner melaporkan bahwa pesawat Rusia telah meningkatkan frekuensi gangguan mereka.

Pada tanggal 5 dan 6 Juli, pesawat tempur Rusia mengganggu banyak drone dengan menjatuhkan suar di depan mereka. Dan pada 17 Juli, sebuah jet tempur Su-35 Rusia terbang sangat dekat dengan pesawat pengintai MC-12 Amerika – sebuah insiden yang berbeda dari yang lain, karena MC-12 diawaki oleh empat awak. AS menekankan bahwa hidup mereka telah dipertaruhkan.

“Tindakan terhadap pesawat berawak ini merupakan tingkat baru tindakan tidak aman dan tidak profesional oleh pesawat Rusia yang beroperasi di Suriah,” kata Jenderal Grynkewich saat itu.



Seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada The Examiner bahwa ada "perbedaan kualitatif sekarang" dalam frekuensi insiden tersebut.

“Penilaian saya, dan kami memiliki beberapa bukti untuk mendukung ini, adalah bahwa Rusia dan Iran telah mendekatkan diri, bahwa ada minat di kedua belah pihak untuk mendorong kami keluar dari Suriah, untuk melakukan kampanye tekanan pada kami,” kata sumber itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1987 seconds (0.1#10.140)