10 Fakta Menarik Julius Robert Oppenheimer, Pembuat Bom Atom Pertama

Selasa, 25 Juli 2023 - 13:45 WIB
loading...
A A A
Namun demikian, Amerika Serikat akhirnya melanjutkan proyek tersebut. Amerika sukses melakukan uji coba bom hidrogen pertamanya pada 1 November 1952, di atas Kepulauan Marshall di Pasifik. Ledakan itu melepaskan energi sekitar 1000 kali lebih banyak daripada bom yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang pada tahun 1945.

8. Kredensial keamanan Oppenheimer akhirnya dicabut karena dianggap sebagai "risiko keamanan".

Pada 1950-an, ada kekhawatiran bahwa Soviet telah mencuri rahasia nuklir Amerika—dan itu bukan pertanda baik bagi Oppenheimer. Fisikawan itu telah berteman dengan sejumlah komunis yang diakui selama bertahun-tahun, meskipun sejarawan tidak yakin apakah dia sendiri pernah bergabung dengan partai mereka.

Dan kemudian ada masalah bom hidrogen: Beberapa musuh politik Oppenheimer, termasuk sesama ilmuwan Edward Teller, menganggap penentangannya terhadap bom H paling tidak patriotik.

"Teller dengan tulus percaya bahwa kami berada dalam perlombaan senjata yang berbahaya dengan Rusia, dan bahwa Oppenheimer berdiri di jalan untuk melindungi negara dari musuh yang ditakuti ini," kata fisikawan Marvin Goldberg dalam The Trials of J. Robert Oppenheimer.

Pada 21 Desember 1953, Oppenheimer menerima sepucuk surat dari ketua Komisi Energi Atom yang memberitahunya bahwa dia telah dicap sebagai risiko keamanan. Meskipun dia berada di bawah tekanan untuk mengundurkan diri dari GAC, Oppenheimer malah mendorong untuk audiensi — dan dia mendapatkannya.

9. Oppenheimer tiga kali dinominasikan untuk Hadiah Nobel.

10 Fakta Menarik Julius Robert Oppenheimer, Pembuat Bom Atom Pertama

Foto/Wikipedia

Delapan belas orang yang bekerja dengan Oppenheimer di Los Alamos mampu menjadi "Pemenang Hadiah Nobel" pada resume seumur hidup mereka. Tetapi meskipun Oppenheimer sendiri menerima tiga nominasi untuk Hadiah Nobel Fisika—sekali pada tahun 1946, dan sekali lagi pada tahun 1951 dan 1967—dia tidak pernah memenangkannya.

Namun, pada tahun 1963, "Bapak Bom Atom" berhasil membawa pulang Penghargaan Enrico Fermi yang bergengsi, sebagai pengakuan atas "kontribusinya yang sangat berjasa dalam pengembangan, penggunaan, atau pengendalian energi atom".

10. Izin keamanan Oppenheimer akhirnya dipulihkan pada 2022—lebih dari 50 tahun setelah kematiannya.

Sebelum kematiannya di Princeton, New Jersey, pada tanggal 18 Februari 1967, opini publik telah bergeser ke belakang mendukung Oppenheimer. Ilmuwan dan aktivis menghabiskan beberapa dekade untuk mendorong pemerintah untuk membersihkan namanya, dan upaya mereka akhirnya membuahkan hasil — meskipun tidak sampai tahun 2022.

Pada 16 Desember tahun itu, Departemen Energi AS secara resmi membatalkan keputusan tahun 1954 yang mencabut izin keamanan Oppenheimer.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)