10 Negara Paling Ramah Pejalan Kaki di Dunia, Juaranya Tetangga Indonesia

Minggu, 23 Juli 2023 - 22:15 WIB
loading...
10 Negara Paling Ramah Pejalan Kaki di Dunia, Juaranya Tetangga Indonesia
Jepang menjadi negara yang ramah terhadap pejalan kaki. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Ada banyak cara untuk menjelajahi kota dan menyaksikan keajaiban yang dimilikinya. Bus wisata atap, mobil, sepeda, sepeda motor, dan van adalah beberapa cara yang bagus, tetapi berjalan kaki tetap menjadi cara paling menarik untuk menikmati suatu tempat.

Namun, tidak semua negara bagus untuk berjalan kaki dan turis sering ditabrak oleh pengemudi yang ugal-ugalan di tempat-tempat seperti itu.

Melansir The Travel, beberapa negara memiliki begitu banyak atraksi sehingga berjalan kaki menjadi cara terbaik untuk menikmati pengalaman terbaik. Ini saja adalah sesuatu untuk membangun liburan.

Terkadang, seseorang sedang ingin mengendarai mobil, tetapi bagi mereka yang ingin menjelajah sedikit lebih lambat, berikut adalah negara paling ramah pejalan kaki di dunia untuk dikunjungi.

Berikut adalah 10 negara yang paling ramah terhadap pejalan kaki di dunia.

10. Prancis

10 Negara Paling Ramah Pejalan Kaki di Dunia, Juaranya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Prancis adalah negara yang mendorong berjalan-jalan di sekitar kotanya, dan ibukotanya, Paris, menonjol sebagai salah satu kota terbaik di dunia untuk berjalan kaki.

Kota ini begitu mempesona dan begitu banyak yang bisa dilihat sehingga orang akan terdorong untuk berjalan menikmati semuanya dengan lebih intim.

Di seluruh Prancis terdapat beberapa kota, dengan jalan setapak dan jalan setapak khusus pejalan kaki yang memungkinkan seseorang untuk menikmati keanggunan negara.


9. Swiss

10 Negara Paling Ramah Pejalan Kaki di Dunia, Juaranya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Swiss adalah tempat yang tepat untuk berjalan-jalan, terutama karena negara ini berpenduduk sedikit dan berkembang namun tetap indah.

Zurich, ibu kotanya adalah kota yang menawan untuk dijelajahi dengan berjalan kaki, dengan jalur yang lebih luas, jembatan penyeberangan, dan jalan raya membuat jalan kaki lebih menarik.

Negara yang terkurung daratan ini juga memiliki jalan ikonik yang paling cocok untuk jalan-jalan dan banyak yang bahkan ditutup untuk lalu lintas mobil.

8. Belanda

10 Negara Paling Ramah Pejalan Kaki di Dunia, Juaranya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Belanda adalah negara dengan blok kota yang padat, sehingga memudahkan untuk berjalan kaki tanpa harus melewati blok besar untuk mengakses beberapa area.

Plus, negara memperhatikan batas kecepatan untuk melindungi pejalan kaki. Dengan kota-kota seperti Amsterdam yang ingin menurunkan batas kecepatan menjadi 30 km/jam, berjalan kaki dianjurkan dan pejalan kaki dilindungi di sini.

Sebagai salah satu negara kuno dan maju di dunia, beberapa landmark dan jalan berwarna-warni tersebar di seluruh negeri dan dapat dilewatkan jika tidak ada yang berjalan.


7. Spanyol

Spanyol adalah salah satu negara paling ramah pejalan kaki di dunia, dengan kota-kota seperti Barcelona, Malaga, Madrid, Valencia, dan Ibiza tertata rapi seperti labirin dan cocok untuk berjalan-jalan.

Trotoar lebar, blok kota berukuran kecil, jalan setapak khusus pejalan kaki, dan taman umum juga mendorong berjalan kaki di kota-kota terkenal di Spanyol.

Selain itu, berjalan kaki adalah cara terbaik untuk menjelajahi beberapa objek wisata paling populer seperti Sagrada FamĂ­lia, jalan Passeig de Gracia yang terkenal, dan Kastil Monjuic yang ikonik yang semuanya ada di Barcelona.

6. Italia

Italia adalah salah satu negara paling ikonik di Eropa, dengan arsitektur kuno, dan landmark, dan berjalan kaki adalah cara terbaik untuk menjelajahinya sambil menjaga kewarasan mereka.

Beberapa pulau di Italia, seperti Marettimo dan Isola dei Pescatori, tidak mengizinkan mobil. Juga, beberapa jalan sangat sempit, mobil tidak dapat masuk dan berkendara dengan nyaman terutama di jalan berbatu, membuat orang tidak punya pilihan selain berjalan kaki.

Venesia adalah kota terapung dengan lebih sedikit mobil dan lebih banyak gondola, yang menjadikan berjalan kaki sebagai ide bagus setiap hari.

5. Denmark

Denmark adalah negara yang dipenuhi dengan jalan-jalan yang dapat dilalui dengan berjalan kaki dan pemandangan kota yang tidak semrawut dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Dari jalan-jalan Kopenhagen yang dibangun dengan pejalan kaki hingga pulau Faroe yang bebas mobil, Denmark suka diinjak-injak.

Kopenhagen juga merupakan salah satu kota paling nyaman untuk pejalan kaki di dunia, dengan beberapa zona bebas mobil.

4. Inggris

Britania Raya adalah salah satu kelompok negara yang paling banyak dilalui pejalan kaki di dunia karena banyaknya zona bebas mobil yang dekat dengan penduduk di kota-kotanya. London dan Glasglow, dan Edinburgh, adalah kota teratas untuk pejalan kaki di Inggris Raya karena ukurannya yang kecil dan banyak zona bebas mobil yang membuat berjalan kaki menjadi sangat mudah dan menyenangkan.

Kota-kota ikonik ini paling baik dijelajahi dengan berjalan kaki melalui trotoar pejalan kaki modern beraspal yang aman dan lapang. Inggris juga penuh dengan arsitektur kuno dan landmark bersejarah, dengan jalan setapak yang lebih banyak daripada banyak negara di dunia, menjadikannya salah satu negara yang paling ramah untuk dijelajahi.

3. Jepang

10 Negara Paling Ramah Pejalan Kaki di Dunia, Juaranya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Jepang menonjol sebagai salah satu negara terbaik untuk berjalan di Asia. Tokyo mungkin tampak begitu sibuk dan kacau, yang memang benar karena ini adalah kota terbesar di dunia.

Anehnya, ini adalah salah satu kota paling nyaman untuk pejalan kaki di dunia dengan banyak jalan setapak khusus pejalan kaki di mana ratusan orang terlibat dalam berjalan kaki dan terlindung dari setiap lalu lintas lainnya.

Jepang tidak mensubsidi kepemilikan mobil, dan sebagian besar pemilik mobilnya tinggal jauh dari kota, menjadikannya surga pejalan kaki dan surga anti-mobil.

2. Amerika Serikat

AS memiliki banyak kota yang dapat dilalui dengan berjalan kaki yang dilengkapi dengan jalur pejalan kaki yang terencana dengan baik dan infrastruktur lain yang menjadikan berjalan kaki menyenangkan dan aman.

New York, misalnya, menampilkan Times Square yang ramah pejalan kaki, yang terkenal secara global sebagai salah satu tempat terbaik untuk berjalan-jalan.

Harbour Walk tepi laut Boston juga merupakan tempat yang baik untuk berjalan kaki, dengan serangkaian landmark sepanjang 40 mil. Banyak jalur jalan kaki lainnya tersebar luas di sebagian besar kota AS untuk memuaskan setiap keinginan berjalan kaki.

1. Singapura

10 Negara Paling Ramah Pejalan Kaki di Dunia, Juaranya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Singapura adalah salah satu dari sedikit negara dengan jalur pejalan kaki terlindung, dan tidak ada cara lain untuk mendorong atau membuktikan bahwa berjalan kaki adalah ide yang bagus selain dengan menutupi jalur tersebut. Banyak jalan setapak dan jembatan pejalan kaki tersebar di seluruh Singapura, tetapi ada juga yang luar biasa karena tertutup.

Sementara beberapa prakarsa dan langkah pemerintah untuk mempromosikan jalan kaki sedang dalam proses, seseorang tidak perlu banyak bujukan untuk terlibat dalam jalan kaki. Sekali melihat Marina Bay Sands, Merlion Park, atau Gardens by the Bay, dan inspirasi untuk berjalan-jalan muncul secara alami karena begitu megah.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)