6 Tentara Bayaran Legendaris dalam Sejarah

Minggu, 23 Juli 2023 - 14:45 WIB
loading...
A A A
Tetapi ketika perselisihan muncul tentang pembayaran kembali, orang-orang Catalan sekali lagi berperang dengan mantan majikannya. Setelah menghancurkan tentara Yunani dan membunuh Duke pada Pertempuran Kephissos tahun 1311, mereka menemukan diri mereka sebagai penguasa de facto Kadipaten Athena. Hebatnya, tentara bayaran berhasil mengkonsolidasikan kekuatan mereka dan menguasai petak besar Yunani selama lebih dari 75 tahun sampai pasukan dari Florence akhirnya mengalahkan mereka dalam pertempuran. Sisa-sisa Perusahaan Besar Catalan dibubarkan tak lama kemudian.

6. The Varangian Guard

Keturunan Norsemen yang awalnya berkelana ke selatan sebagai bajak laut dan pedagang, Pengawal Varang adalah sekelompok tentara bayaran Viking yang dibayar untuk melayani sebagai pengawal pribadi Kaisar Bizantium.

Pengawal pertama kali menduduki jabatan mereka pada akhir abad ke-10 untuk Kaisar Basil II, yang lebih memilih orang barbar yang menggunakan kapak daripada orang sebangsanya yang lebih mudah disuap. Unit tersebut segera terbukti berguna dalam memadamkan pemberontakan, dan mereka terus melayani sebagai pelindung Konstantinopel selama lebih dari dua ratus tahun.

Pada awalnya, Penjaga Varangian hampir seluruhnya terdiri dari Viking yang suka berkelahi dan peminum minuman keras, tetapi pada akhir abad ke-11 barisan mereka mulai diisi oleh orang Inggris, Normandia, dan Denmark.

Memenangkan pintu masuk ke unit bukanlah tugas yang mudah. Para inisiat harus menunjukkan kehebatan mereka dalam pertempuran dan dipaksa membayar sedikit uang dalam bentuk emas sebagai biaya masuk. Tetap saja, hadiah yang diberikan kepada Varangian memastikan bahwa anggotanya menjadi sangat kaya, dan beberapa bahkan mencapai posisi dengan kekuatan yang sangat besar. Salah satu penjaga paling terkenal adalah Harald Hardrada, yang kemudian merebut tahta Norwegia.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)