6 Tentara Bayaran Legendaris dalam Sejarah

Minggu, 23 Juli 2023 - 14:45 WIB
loading...
6 Tentara Bayaran Legendaris dalam Sejarah
Swiss Guard dulunya dikenal sebagai tentara bayaran. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Kembali ke sejarah kuno, beberapa pasukan tempur yang paling ditakuti di dunia terdiri dari pejuang lepas yang tidak bersekutu dengan bangsa atau raja tertentu. Mereka adalah tentara bayaran yang bekerja karena uang.

Para tentara bayaran tersebut memiliki loyalitas yang sangat tinggi kepada majikan di mana mereka bekerja. Mereka rela menyerahkan nyawa demi kehormatan sebagai tentara bayaran.

Padahal, mereka kerap dilupakan sejarah. Namun, mereka memahami tentang arti penting pengorbanan.

Melansir History.com, berikut adalah 6 tentara bayaran paling legendaris di dunia.

1. The Ten Thousand

6 Tentara Bayaran Legendaris dalam Sejarah

Foto/ist

Seperti yang dicatat dalam "Anabasis" karya sejarawan Xenophon, The Ten Thousand adalah bermacam-macam prajurit Yunani yang dikontrak oleh Cyrus the Younger untuk membantu menggulingkan saudaranya Raja Artaxerxes II dari tahta Persia.

Pada tahun 401 SM, tentara bayaran Hellenic—banyak dari mereka adalah veteran Perang Peloponnesia yang tangguh—bertempur bersama Cyrus dan pasukan pemberontaknya dalam bentrokan dengan pasukan Raja di dekat Bagdad. Sementara Sepuluh Ribu bertahan dalam pertempuran mereka sendiri, Cyrus terbunuh dalam pertempuran, dan jenderal tentara bayaran dikhianati dan dibunuh ketika mencoba untuk menegosiasikan retret.

Di bawah pengejaran dari pasukan Artaxerxes II dan penduduk asli yang bermusuhan, anggota Sepuluh Ribu yang masih hidup dipaksa untuk bersatu dan berjuang untuk keluar dari wilayah musuh.

Setelah memilih Xenophon sebagai salah satu pemimpin baru mereka, pasukan penyamun memulai pengembaraan yang melelahkan selama sembilan bulan yang membawa mereka dari jantung Babilonia sampai ke pelabuhan Laut Hitam Yunani di Trapezus.

Meskipun menghadapi penyergapan terus-menerus, menghukum cuaca dan kelaparan, mereka tiba di tanah yang bersahabat dengan hampir tiga perempat dari jumlah mereka masih utuh. Kisah Xenophon tentang retret pertempuran Sepuluh Ribu telah menjadi kisah klasik kepahlawanan, dan bahkan menjadi inspirasi untuk film kultus 1979 "The Warriors."

2. The White Company

The White Company adalah salah satu yang paling terkenal dari apa yang disebut "perusahaan bebas" —kelompok tentara nirlaba yang melakukan bagian terbesar dari peperangan di Italia abad ke-14. Unit ini pertama kali menjadi terkenal pada tahun 1360-an sebelum jatuh di bawah komando Sir John Hawkwood, seorang Inggris yang telah dianugerahi gelar kebangsawanan untuk pengabdiannya dalam Perang Seratus Tahun.

Dengan Hawkwood di pucuk pimpinan, Kompi Putih dikenal sebagai salah satu tentara bayaran paling elit di Italia. Pasukannya—campuran budaya petualang Inggris, Jerman, Breton, dan Hungaria—terkenal karena keahlian mereka menggunakan busur besar dan tombak, dan mereka menakuti lawan dengan serangan kejutan secepat kilat dan kemauan untuk berperang selama cuaca buruk atau bahkan di malam hari.

Di era ketika Italia terpecah antara negara kota yang berperang dan penguasa abad pertengahan, orang-orang Perusahaan Putih melakukan pembunuhan dengan melelang layanan mereka kepada penawar tertinggi. Antara 1363 dan 1388, mereka berperang untuk dan melawan Paus, kota Milan dan kota Florence, tetapi mereka jarang keluar lapangan bahkan selama masa damai. Faktanya, ketika menganggur, para petualang sering membuat pundi-pundi mereka penuh dengan melancarkan serangan ke desa dan kota terdekat.

3. The Swiss Guard

6 Tentara Bayaran Legendaris dalam Sejarah

Foto/Reuters

Hari ini, Garda Swiss dikenal sebagai pelindung Paus berseragam garis-garis di Vatikan, tetapi sejarah mereka terbentang kembali ke kelompok tentara bayaran yang berkembang selama Renaisans.

Lebih dari satu juta petualang Swiss bertempur di pasukan Eropa antara abad ke-15 dan ke-19. Pasukan ini termasuk di antara tentara Eropa pertama yang menguasai penggunaan tombak dan tombak untuk melawan musuh lapis baja yang lebih berat, dan pada tahun 1400-an, taktik revolusioner dan kekejaman mereka membuat mereka mendapatkan reputasi sebagai pasukan kontrak terbaik yang dapat dibeli dengan uang. Tentara bayaran Swiss sering bekerja untuk Prancis, dan mereka bertempur dan mati dalam jumlah besar selama Revolusi Prancis.

Sebuah kontingen kecil yang terdiri dari 150 tentara keberuntungan Swiss mulai bertugas sebagai pengawal kepausan pada tahun 1506, dan unit tersebut bertahan sebagai penjaga resmi Vatikan bahkan setelah Swiss melarang warganya bekerja sebagai tentara bayaran.

Masih dibalut seragam era Renaisans berwarna cerah, Garda Swiss saat ini diharuskan beragama Katolik Roma, tingginya minimal 5 kaki 6 inci dan memiliki latar belakang militer. Peran mereka seringkali bersifat seremonial, tetapi di masa lalu mereka dituntut untuk berjuang melindungi paus. Selama satu serangan di Roma pada tahun 1527, hampir empat per lima dari Garda Swiss dibunuh saat mempertahankan Paus Clement VII dari penangkapan.

4. The Flying Tigers

6 Tentara Bayaran Legendaris dalam Sejarah

Foto/ist

Secara resmi dikenal sebagai American Volunteer Group, "Flying Tigers" yang terkenal adalah pasukan tiga skuadron pilot pesawat tempur yang bertempur Cina melawan Jepang selama Perang Dunia II. Unit ini pertama kali diorganisir pada awal 1941 di bulan-bulan sebelum pengeboman Pearl Harbor. Bersemangat untuk menghalangi pengambilalihan Cina oleh Jepang sambil tetap netral, Presiden Franklin D. Roosevelt mengizinkan mantan perwira militer AS Claire Chennault untuk diam-diam merekrut atlet tempur dari jajaran Angkatan Udara AS.

Risikonya tinggi, tetapi begitu juga bayarannya: sementara sebagian besar pilot Angkatan Udara menerima gaji sekitar USD260 sebulan, tentara bayaran Chennault memperoleh antara USD600 dan USD750, bersama dengan bonus USD500 untuk setiap pesawat Jepang yang mereka tembak jatuh.

Sekitar seratus pilot kontrak Amerika tiba di Burma pada pertengahan 1941, di mana mereka ditugaskan untuk melindungi jalan pasokan penting dari serangan Jepang. “Flying Tigers”—terkenal dengan deretan gigi hiu ikonik yang dilukis di hidung pesawat tempur P-40 mereka—mencetak rekor pertempuran yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Meskipun terbang lebih lambat, pejuang kurang bermanuver daripada musuh, Amerika menjatuhkan 296 pesawat Jepang dan menghancurkan lebih dari 1.300 perahu sungai, sementara hanya kehilangan 69 pesawat dan sekitar dua lusin orang. Grup tersebut secara resmi dibubarkan pada Juli 1942, tetapi beberapa anggotanya kemudian bergabung kembali dengan unit lama mereka dan bertugas selama sisa Perang Dunia II.

5. The Catalan Grand Company

Pertama kali diorganisir pada tahun 1302 oleh petualang Roger de Flor, Perusahaan Besar Catalan terutama terdiri dari veteran Spanyol yang tangguh dari Perang Vesper Sisilia di Italia. Dibiarkan menganggur pada akhir konflik, De Flor dan tentara bayarannya mengontrak diri mereka sendiri kepada Kaisar Bizantium Andronicus II, yang membawa mereka ke Mediterania Timur untuk melawan invasi Turki Ottoman.

6.500 orang Catalan yang kuat berhasil menyapu Turki menjauh dari Konstantinopel, tetapi kegemaran mereka untuk memecat dan menjarah secara sembarangan juga memicu kemarahan Bizantium. Pada tahun 1305, De Flor dan sekitar 1.300 anak buahnya disergap dan dibunuh oleh sekelompok tentara bayaran lain yang dipekerjakan oleh Kaisar.

Alih-alih bubar, orang-orang Catalan yang masih hidup memulai salah satu petualangan paling berdarah dan paling membingungkan dalam sejarah militer abad pertengahan. Menyusul upaya gagal untuk mendirikan negara penjahat di Gallipoli, mereka berbaris ke Yunani dan mendapatkan pekerjaan sebagai otot untuk Adipati Athena.

Tetapi ketika perselisihan muncul tentang pembayaran kembali, orang-orang Catalan sekali lagi berperang dengan mantan majikannya. Setelah menghancurkan tentara Yunani dan membunuh Duke pada Pertempuran Kephissos tahun 1311, mereka menemukan diri mereka sebagai penguasa de facto Kadipaten Athena. Hebatnya, tentara bayaran berhasil mengkonsolidasikan kekuatan mereka dan menguasai petak besar Yunani selama lebih dari 75 tahun sampai pasukan dari Florence akhirnya mengalahkan mereka dalam pertempuran. Sisa-sisa Perusahaan Besar Catalan dibubarkan tak lama kemudian.

6. The Varangian Guard

Keturunan Norsemen yang awalnya berkelana ke selatan sebagai bajak laut dan pedagang, Pengawal Varang adalah sekelompok tentara bayaran Viking yang dibayar untuk melayani sebagai pengawal pribadi Kaisar Bizantium.

Pengawal pertama kali menduduki jabatan mereka pada akhir abad ke-10 untuk Kaisar Basil II, yang lebih memilih orang barbar yang menggunakan kapak daripada orang sebangsanya yang lebih mudah disuap. Unit tersebut segera terbukti berguna dalam memadamkan pemberontakan, dan mereka terus melayani sebagai pelindung Konstantinopel selama lebih dari dua ratus tahun.

Pada awalnya, Penjaga Varangian hampir seluruhnya terdiri dari Viking yang suka berkelahi dan peminum minuman keras, tetapi pada akhir abad ke-11 barisan mereka mulai diisi oleh orang Inggris, Normandia, dan Denmark.

Memenangkan pintu masuk ke unit bukanlah tugas yang mudah. Para inisiat harus menunjukkan kehebatan mereka dalam pertempuran dan dipaksa membayar sedikit uang dalam bentuk emas sebagai biaya masuk. Tetap saja, hadiah yang diberikan kepada Varangian memastikan bahwa anggotanya menjadi sangat kaya, dan beberapa bahkan mencapai posisi dengan kekuatan yang sangat besar. Salah satu penjaga paling terkenal adalah Harald Hardrada, yang kemudian merebut tahta Norwegia.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)