5 Pertanyaan Penting tentang Pemilu Kamboja

Sabtu, 22 Juli 2023 - 19:15 WIB
loading...
5 Pertanyaan Penting tentang Pemilu Kamboja
Pemilu Kamboja menjadi isu penting karena menjadi upaya memperpanjang kekuasaan bagi PM Hun Sen. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Kamboja mengadakan pemilihan pada Minggu (23/07/2023) yang hampir pasti akan dimenangkan oleh Partai Rakyat Kamboja (CPP) dengan pimpinan Perdana Menteri Hun Sen. Hun Sen dipastikan akan memperpanjang cengkeraman kekuasaannya selama hampir empat dekade.

Berikut adalah 5 pertanyaan penting berkaitan dengan pemilu Kamboja.

1. APA YANG AKAN TERJADI PADA HARI MINGGU?

5 Pertanyaan Penting tentang Pemilu Kamboja

Foto/Reuters

Sekitar 9,7 juta dari 16 juta penduduk Kamboja berhak memilih dalam pemilihan majelis nasional. Tempat pemungutan suara akan dibuka mulai pukul 07.00 hingga pukul 15.00 dan hasil awal diharapkan Minggu malam.

Selain CPP, ada 17 partai yang mencalonkan diri, tetapi sebagian besar tidak jelas dan tidak ada yang memiliki kekuatan atau sumber daya untuk menantang partai yang berkuasa, yang memenangkan semua 125 kursi majelis pada pemilu 2018. Pengulangan itu diharapkan.

2. APA YANG TERJADI DENGAN OPOSISI?

5 Pertanyaan Penting tentang Pemilu Kamboja

Foto/Reuters

CPP menghadapi tantangan terbesarnya terhadap kekuasaannya dalam pemilu 2013 ketika memenangkan kurang dari setengah suara, diikuti oleh oposisi yang baru dibentuk Partai Penyelamatan Nasional Kamboja (CNRP), yang mencerminkan popularitas CNRP di kalangan pemuda dan serikat buruh dan beberapa kekecewaan terhadap CPP.

Pada tahun-tahun berikutnya, CPP menggunakan pengaruhnya atas pengadilan dan lembaga demokrasi untuk membuat pincang saingannya, yang berpuncak pada pembubaran CNRP sembilan bulan sebelum pemilu 2018, karena dugaan rencana untuk menggulingkan pemerintahan Hun Sen. Pemimpin CNRP ditangkap atas tuduhan makar.

Sejumlah besar tokoh oposisi melarikan diri ke pengasingan dan ratusan dihukum karena kejahatan sebagian besar in absentia dalam persidangan massal.

Dari abu CNRP bangkitlah Partai Lilin, tetapi anggotanya telah mengalami kampanye intimidasi dan pelecehan, menurut kelompok hak asasi manusia. Partai tersebut didiskualifikasi dari pemilihan karena masalah teknis atas dokumen pendaftaran dan minggu ini, dua anggotanya ditangkap karena menghasut setelah mereka mendesak pemilih untuk menghancurkan surat suara mereka.


3. APAKAH CPP POPULER?

Kemampuan CPP untuk mempertahankan perdamaian, pertumbuhan, dan stabilitas setelah genosida Khmer Merah tahun 1970-an dan perang saudara berikutnya tetap menjadi nilai jual terbesarnya, terutama di daerah pedesaan di mana banyak orang Kamboja telah menyaksikan transformasi relatif di tempat yang dulunya merupakan salah satu negara termiskin di dunia.

Di bawah Hun Sen yang berusia 70 tahun, Kamboja telah mencapai status berpenghasilan menengah ke bawah, dengan peningkatan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Sektor manufaktur tekstilnya, terutama untuk merek-merek terkenal Barat, telah berkembang pesat, menciptakan lapangan kerja vital, sementara ekonomi tumbuh rata-rata 7,7 persen antara tahun 1998 dan 2019.

4. MENGAPA PEMILIHAN INI SANGAT PENTING BAGI HUN SEN?

Penumpasan jangka panjang Hun Sen dan ketidakpeduliannya terhadap perhatian internasional tentang kredibilitas pemilu kemungkinan besar merupakan langkah untuk memastikan jalan yang mulus bagi putra sulungnya, Hun Manet, untuk menggantikannya dalam apa yang sejauh ini merupakan transisi kekuasaan yang telah dikalibrasi dengan hati-hati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2226 seconds (0.1#10.140)