AS Fokus Selamatkan Travis King dari Cengkeraman Kim Jong Un

Sabtu, 22 Juli 2023 - 14:22 WIB
loading...
A A A
Pejabat AS mengatakan Amerika Serikat telah berusaha menghubungi Korea Utara tentang King melalui hotline Komando PBB dan saluran lain, termasuk PBB di New York, di mana Korea Utara memiliki perwakilan.

Pendekatan terbaik untuk saat ini, kata para ahli, mungkin sikap publik yang rendah hati.



"Sekitar 90% dari (hasil) akan ditentukan berdasarkan bagaimana kita bereaksi sekarang," kata Mickey Bergman, direktur eksekutif Richardson Center yang didirikan oleh Bill Richardson, mantan diplomat yang sebelumnya bernegosiasi dengan Korea Utara untuk pembebasan tahanan.

Korea Utara kemungkinan akan menginterogasi King secara panjang lebar, kemudian memiliki pilihan untuk mendeportasinya atau menuntutnya. Bergman menambahkan bahwa AS harus menghindari tekanan dan sebaliknya dengan tenang mengomunikasikan bahwa Washington menghormati hak Pyongyang untuk menahan dan menanyai seorang tentara yang memasuki wilayahnya.

Jenny Town, peneliti dari 38 North Washington, mengatakan kasus itu rumit karena tidak mengetahui niat King dan apakah dia benar-benar ingin kembali. King telah ditahan di Korea Selatan selama lebih dari sebulan karena penyerangan dan akan terbang kembali ke AS untuk menghadapi disiplin militer.

Kasus tentara AS pergi ke Korea Utara sangat jarang terjadi. Pada tahun 1965, Charles Robert Jenkins, seorang sersan Angkatan Darat AS berusia 25 tahun berjalan melewati DMZ dan menghabiskan empat dekade di Korea Utara, di mana dia mengajar bahasa Inggris dan juga memerankan mata-mata AS dalam sebuah film propaganda.

Kemudian, seorang mantan diplomat Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan mengatakan King dapat digunakan sebagai alat propaganda, tetapi tidak jelas berapa lama Korea Utara ingin mengeksploitasi kehadirannya.

"Menahan seorang tentara Amerika mungkin tidak terlalu memusingkan bagi Korea Utara dalam jangka panjang," kata Tae Yong-ho, yang sekarang menjadi anggota parlemen Korea Selatan.

Kasus peringatan penahanan Korea Utara adalah kasus Otto Warmbier, seorang mahasiswa yang ditahan dalam sebuah tur pada tahun 2015 dan dijatuhi hukuman 15 tahun kerja paksa karena mencoba mencuri barang dengan slogan propaganda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)