Kenapa Swedia Bolehkan Demo dengan Membakar Al-Qur’an? Ini Alasannya

Sabtu, 22 Juli 2023 - 14:00 WIB
loading...
A A A
Hanya saja, demo dengan membakar Al-Qur’an di Swedia dinyatakan bagian dari kebebasan berbicara dan berekspresi, alih-alih sebagai penghasutan.

"Di Swedia, kami memiliki kebebasan berekspresi. Kami juga menghormati orang-orang yang punya pendapat berbeda dan fakta aksi itu bisa melukai perasaan pihak tertentu. Kita harus melihat hukum. Itulah yang kami lakukan," kata kepolisian kota selatan Helsingborg, Swedia.

Sebenarnya pihak kepolisian tidak menutup mata terhadap tindakan pembakaran Al-Qur’an, dan pernah mencoba menghentikan aksi tersebut pada Februari 2023 dengan alasan aksi semacam itu menimbulkan ancaman bagi Kedutaan Swedia di luar negeri.

Namun keputusan polisi itu ditolak oleh pengadilan yang tetap menyatakan demo dengan membakar kitab suci agama sebagai bagian dari kebebasan berbicara dan berekspresi yang dilindungi oleh konstitusi.

Pengadilan administratif Swedia memutuskan bahwa masyarakat memiliki hak untuk berkumpul atau melakukan demonstrasi, kecuali bila mereka menimbulkan ancaman keamanan.

Putusan pengadilan itulah yang mendasari kepolisian untuk membiarkan demo dengan membekar Al-Qur’an terjadi di Stockholm.

Meski begitu, pemerintah Swedia telah mengeluarkan pernyataan yang menolak keras tindakan Islamofobia dilakukan oleh individu di Swedia, dan menegaskan tindakan itu sama sekali tidak mencerminkan pendapat Pemerintah.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)