Setelah Kereta, Kini Kapal Mewah Milik Kim Jong-un Muncul di Kota Resor

Rabu, 29 April 2020 - 16:19 WIB
loading...
Setelah Kereta, Kini Kapal Mewah Milik Kim Jong-un Muncul di Kota Resor
Citra satelit memperlihatkan kapal mewah milik Kim Jong-un di kota resor Wonsan. Foto/Swissinfo
A A A
SEOUL - Teka teki mengenai kondisi kesehatan dan keberadaan Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, masih juga belum terjawab. Meski begitu, sejumlah sinyal terkait keberadaannya terus bermunculan. Terbaru, citra satelit menunjukkan sebuah kapal mewah milik diktator muda Korut itu terlihat di sebuah resor pantai.

Citra satelit menunjukkan pergerakan kapal mewah yang sering digunakan Kim Jong-un dan rombongannya berda di Wonsan. Penampakan ini seolah memberikan indikasi lebih lanjut jika pria yang diduga berusia 36 tahun itu berada di resor pantai yang menjadi tempat berlibur favoritnya.

Hasil citra satelit komersil yang dirilis oleh situs pemantau Korut, NK Pro, menunjukkan bahwa kapal yang sering digunakan oleh Kim Jong-un membuat gerakan dengan pola yang mengisyaratkan ia atau rombongannya mungkin berada di wilayah Wonsan.

Pada hari Selasa, situs web pemantau Korea Utara, NK PRO melaporkan citra satelit komersial menunjukkan bahwa kapal yang sering digunakan Kim telah membuat gerakan dengan pola yang mengisyaratkan ia atau rombongannya mungkin berada di wilayah Wonsan.

Menurut para ahli dan citra satelit kompleks tepi laut milik Kim Jong-un di Wonsan, pantai timur negara itu, dihiasi dengan vila-vila tamu dan terdapat pantai pribadi, lapangan bola basket, dan stasiun kereta pribadi. Sebuah landasan terbang dibuldoser tahun lalu untuk membangun jalur menunggang kuda, sementara rumah perahu di dekat dermaga kapal pesiar mewah Kim’s Princess 95, bernilai sekitar USD7 juta pada 2013.

"Ini salah satu rumah favoritnya," kata Michael Madden, seorang pakar kepemimpinan Korut di Stimson Center yang berbasis di AS, yang telah membandingkan afinitas Kim terhadap Wonsan dengan resor yang disukai Presiden AS Donald Trump, Mar-a-Lago di Florida.

Madden mengatakan Kim diyakini memiliki sekitar 13 kamp penting di seluruh negeri, meskipun ia tampaknya hanya menggunakan sekitar setengah dari mereka secara teratur.

"Semua dari mereka diatur untuk berfungsi sebagai markas pemimpin, sehingga mereka semua diperlengkapi untuknya menjalankan negara," terangnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (29/4/2020).

"Wonsan adalah salah satu kompleks yang lebih besar dan lebih baik, tetapi juga memiliki lokasi yang berguna yang memungkinkan Kim untuk dengan mudah melakukan perjalanan ke daerah lain di sepanjang pantai, atau kembali dengan cepat ke Pyongyang dengan kereta pribadinya atau di sepanjang jalan raya khusus yang hanya dirancang untuk digunakan keluarga Kim atau pejabat tinggi," tutur Madden.

Wonsan juga menjadi kekuatan simbolis untuk dinasti Kim: Di sanalah Kim Il-sung, yang membantu menemukan Korut pada akhir pemerintahan kolonial Jepang pada tahun 1945, pertama kali mendarat dengan pasukan Soviet untuk mengambil alih negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)