10 Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia

Rabu, 19 Juli 2023 - 04:15 WIB
loading...
A A A

Berikut adalah 10 negara dengan paspor terkuat di dunia.

1. Singapura (192 destinasi)

2. Jerman, Italia, Spanyol (190 tujuan)

3. Austria, Finlandia, Prancis, Jepang, Luksemburg, Korea Selatan, Swedia (189)

4. Denmark, Irlandia, Belanda, Inggris (188 tujuan)

5. Belgia, Republik Ceko, Malta, Selandia Baru, Norwegia, Portugal, Swiss (187 tujuan)

6. Australia, Hongaria, Polandia (186 tujuan)

7. Kanada, Yunani (185 tujuan)

8. Lituania, Amerika Serikat (184 tujuan)

9. Latvia, Slovakia, Slovenia (183 tujuan)

10. Estonia, Islandia (182 tujuan)

Sementara itu, Cristian H. Kaelin, pemimpin Henley & Partners, mencatat bahwa Singapura sibuk mengamankan kebebasan perjalanan yang lebih besar bagi warganya selama dekade terakhir, mendapatkan akses bebas visa ke 25 destinasi baru.

“UEA telah menambahkan 107 destinasi yang mengesankan ke skor bebas visanya sejak 2013,” katanya. “Dari negara-negara yang duduk di 10 Besar, AS mengalami peningkatan skor terkecil, mengamankan hanya 12 tujuan tambahan.”

Greg Lindsay, dari Cornell Tech's Jacobs Institute, mengatakan dalam rilis Henley & Partners, “Ceritanya sederhana - dengan sedikit banyak diam, AS telah tertinggal. Merosotnya peringkat Amerika tanpa henti adalah peringatan bagi tetangganya Kanada dan seluruh Anglosfer juga.”

Sebenarnya, indeks yang dibuat Henley & Partner adalah salah satu dari beberapa indeks yang dibuat oleh perusahaan keuangan untuk memeringkat paspor global menurut akses yang mereka berikan kepada warganya.

Indeks Paspor Arton Capital mempertimbangkan paspor dari 193 negara anggota PBB dan enam wilayah – Taiwan, Makau, Hong Kong, Kosovo, wilayah Palestina, dan Vatikan. Wilayah yang dianeksasi ke negara lain dikecualikan.

Itu juga diperbarui secara waktu nyata sepanjang tahun, tetapi datanya dikumpulkan dengan pemantauan ketat terhadap portal masing-masing pemerintah. "Ini adalah alat untuk orang yang bepergian, untuk memberikan informasi yang akurat dan mudah diakses untuk kebutuhan perjalanan mereka," kata pendiri Arton Capital Armand Arton kepada CNN.

Peringkat Kekuatan Paspor Global Arton 2023 menempatkan Uni Emirat Arab di posisi teratas, dengan skor bebas visa/visa-on-arrival 180. Sedangkan peringkat kedua dipegang oleh 11 negara yang sebagian besar berada di Eropa: Jerman, Swedia, Finlandia, Luksemburg, Spanyol, Prancis, Italia, Belanda, Austria, Swiss, dan Korea Selatan.

Inggris berada di No.3, bersama Denmark, Belgia, Portugal, Norwegia, Polandia, Irlandia, dan Selandia Baru. AS dan Jepang turun di posisi keempat.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)