Lebih Presisi dan Cepat, Militer Israel Manfaatkan AI

Selasa, 18 Juli 2023 - 06:06 WIB
loading...
Lebih Presisi dan Cepat, Militer Israel Manfaatkan AI
Israel melancarkan serangan ke wilayah Palestina dengan berbasis pada AI. Foto/Reuters
A A A
TEL AVIV - Militer Israel menggunakan artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI) untuk mempercepat penentuan target serangan udara dan menangani perencanaan logistik di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah Palestina yang diduduki.

Sistem penargetan berbasis AI dapat dengan cepat memproses sejumlah besar data untuk memprioritaskan dan menetapkan ribuan target baik untuk pesawat yang dipiloti maupun drone. Itu dilaporkan Bloomberg mengutip pejabat militer Israel. Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

IDF juga menggunakan program AI lain, yang disebut Fire Factory, yang dapat mengatur logistik masa perang, seperti menghitung muatan amunisi dan mengusulkan jadwal untuk setiap serangan.



Pengungkapan itu muncul setelah Israel meningkatkan serangan udara di Tepi Barat yang diduduki dalam beberapa pekan terakhir, Israel melakukan apa yang disebutnya "operasi kontraterorisme terfokus."

Sedikitnya 15 orang tewas dalam serangan udara 8 Mei di wilayah pesisir Palestina di Gaza. IDF juga terus menyerang sasaran di Suriah, meningkatkan ketegangan dengan musuh bebuyutan Iran.

"Sistem AI yang digunakan oleh IDF mengandalkan operator manusia untuk memverifikasi dan menyetujui setiap rencana serangan udara dan serangan," demikian laporan Bloomberg.



“Apa yang biasanya memakan waktu berjam-jam sekarang hanya membutuhkan beberapa menit, dengan beberapa menit lagi untuk verifikasi manusia,” kata seorang kolonel IDF kepada Bloomberg. “Dengan jumlah orang yang sama, kami akan melakukan lebih banyak lagi.”

Namun, para ahli telah mengemukakan kekhawatiran tentang konsekuensi potensial dari kesalahan perhitungan AI. Mereka juga menyatakan kemungkinan manusia pada akhirnya akan dikeluarkan dari proses pengambilan keputusan seiring perkembangan teknologi.

"Jika ada kesalahan dalam perhitungan AI, dan jika AI tidak bisa dijelaskan, siapa yang kita salahkan atas kesalahan ini?" kata Tal Mimran, seorang profesor hukum dan mantan penasihat militer di Universitas Ibrani Yerusalem, dilansir RT. “Kamu bisa menghancurkan seluruh keluarga… karena kesalahan.”

IDF menyebut konflik Mei 2021 di Gaza sebagai “perang AI” pertama di dunia, berdasarkan penggunaan teknologinya untuk mempercepat analisis intelijen terhadap militan di wilayah tersebut. Pekan lalu, kontraktor pertahanan Israel Elbit Systems mendemonstrasikan sistem operasi Legion-X “yang digerakkan oleh AI” untuk sekumpulan drone.
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)
pixels