5 Alasan Jembatan Crimea Sangat Penting bagi Presiden Putin

Selasa, 18 Juli 2023 - 03:16 WIB
loading...
5 Alasan Jembatan Crimea Sangat Penting bagi Presiden Putin
Jembatan Crimea sangat strategis bagi Rusia dalam invasi ke Ukraina. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Jembatan Crimea, yang menghubungkan semenanjung yang dicaplok ke daratan Rusia, terkena dua serangan pada Senin pagi (17/7/2023). Serangan tersebut dilakukan oleh Ukraina .

Persimpangan itu adalah arteri vital untuk memasok perang Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina. Itu memungkinkan orang dan barang mengalir ke wilayah Ukraina yang telah diduduki Moskow di selatan dan timur negara itu.

Juga dikenal sebagai Jembatan Kerch, itu memiliki nilai pribadi bagi Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam narasi Kremlin itu menandai "penyatuan kembali" Crimea dengan daratan Rusia.

Berikut 5 alasan kenapa Jembatan Crimea sangat penting bagi Presiden Putin.

1. Menyatukan Crimea dan Rusia

5 Alasan Jembatan Crimea Sangat Penting bagi Presiden Putin

Foto/Reuters

Jembatan Kerch secara strategis penting karena menghubungkan wilayah Krasnodar Rusia dengan Krimea, yang dianeksasi secara ilegal oleh Rusia dari Ukraina pada tahun 2014.

Jembatan juga memiliki kepentingan simbolis yang sangat besar bagi Rusia, yang membangun jembatan sepanjang 12 mil – terpanjang di Eropa – dengan biaya sekitar USD3,7 miliar. Itu adalah ekspresi dari tujuan Putin untuk mengambil alih Ukraina dan mengikatnya ke Rusia selamanya.

Pada hari dibuka, Putin memimpin konvoi penuh kemenangan melintasi jembatan. Warga Ukraina mencerca jembatan itu, yang berdiri sebagai pengingat pendudukan Rusia.

Pada bulan Oktober, jembatan tersebut hancur sebagian ketika sebuah truk tangki bahan bakar meledak dan merusak sebagian besar jalan. Kremlin dengan cepat menyalahkan Kyiv atas ledakan itu, dan Putin menuduh bahwa itu adalah tindakan "sabotase" oleh dinas keamanan Ukraina. Moskow dengan cepat memperbaiki jembatan setelah ledakan tahun lalu.

2. Memperkuat Logistik

5 Alasan Jembatan Crimea Sangat Penting bagi Presiden Putin

Foto/Reuters

Jembatan itu adalah saluran penting untuk menyediakan kebutuhan sehari-hari dan persediaan bagi militer Krimea, selain bahan bakar dan barang untuk warga sipil. Konvoi militer Rusia secara teratur menggunakan jembatan itu untuk membantu invasi besar-besaran mereka ke Ukraina – membawa kendaraan, baju besi, dan bahan bakar.

Jika penggunaan penyeberangan oleh militer Rusia terhambat, jalur pasokannya ke pasukan di Ukraina selatan akan menjadi lebih lemah.

Rusia telah menggunakan jalur kereta api Crimea untuk mengangkut pasokan ke pasukan di Kherson, dan beberapa pusat kereta api di Crimea dan Kherson telah diserang oleh roket Ukraina jarak jauh. Lalu lintas kereta api melintasi jembatan Crimea terus beroperasi pada hari Senin, meskipun dengan penundaan, menurut video di media sosial, seorang pejabat Rusia dan media pemerintah Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)