9 Kasus Korupsi Besar di Singapura, Nomor 4 Uangnya Digunakan Bermain Judi

Minggu, 16 Juli 2023 - 14:26 WIB
loading...
9 Kasus Korupsi Besar di Singapura, Nomor 4 Uangnya Digunakan Bermain Judi
Singapura juga memiliki beberapa kasus korupsi. Foto/Reuters
A A A
SINGAPURA - Meskipun Singapura dikenal sebagai negara yang bersih dari korupsi. Tapi, masih ada pejabat yang nakal yang menerima suap dan melakukan korupsi. Hanya saja, jumlahnya sangat sedikit.

Padahal, gaji aparat sipil negara (ASN) di Singapura sangatlah tinggi. Kebijakan untuk mencegah terjadinya korupsi. Tapi, para korupto tetap bisa menemukan celah yang longgar.

Namun demikian, secara keseluruhan Singapura menduduki peringkat kelima sebagai negara paling tidak korup di dunia pada tahun 2022, berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi (CPI) dari badan antikorupsi Transparency International. Namun, itu juga merupakan peringkat terendah dalam lima tahun untuk Singapura, yang menempati posisi ketiga pada 2018 dan 2020, dan keempat pada 2019 dan 2021. Singapura tetap menjadi satu-satunya negara Asia yang masuk 10 besar.

Biro Investigasi Praktik Korupsi (CPIB) pada awal tahun ini mengklaim situasi korupsi di Singapura "tetap terkendali". “Statistik korupsi tahunan yang dikeluarkan oleh CPIB tahun lalu menunjukkan bahwa jumlah kasus korupsi sektor publik tetap rendah secara konsisten selama bertahun-tahun,” kata mereka dilansir CNA.

Berikut adalah 9 kasus korupsi besar yang pernah tercatat dan menarik perhatian publik.

1. Skandal SLA: Faktur Palsu

Kasus korupsi yang terjadi pada 2011 tersebut melibatkan mantan wakil direktur bidang teknologi dan infrastruktur Singapore Land Authority (SLA), Koh Seah Wee, dan mantan manajer SLA, Christopher Lim Chai Meng. Mereka terjerat kecurangan dan pencucian uang.

Bagaimana skandal korupsi tersebut? Koh dan Lim menipu SLA dengan menggunakan faktur palsu yang dikeluarkan oleh mantan pelatih renang Ho Yen Teck yang mendirikan tujuh perusahaan perseorangan untuk menyediakan layanan pemeliharaan TI palsu dan barang yang tidak dikirim.


2. SCDF dan CNB: Melibat Pejabat Keamanan Negara

Pada 2012, publik Singapura dihebohkan dengan skandal korupsi yang melibatkan dua pegawai negeri sipil. Namun, skandal korupsi tersebut dapat dikatakan tidak berkembang.

Kenapa ya? Itu dikarenakan pihak yang korupsi adalah mantan kepala Pasukan Pertahanan Sipil Singapura (SCDF), Peter Lim Sin Pang, dan kepala Biro Narkotika Pusat (CNB), Ng Boon Gay. Mereka hanya menghadapi pelanggaran indisipliner saja.

Peter Lim Sin Pang diberhentikan dari dinas pada Agustus 2013 setelah putusan pengadilan dan dinyatakan bersalah. Sedangkan Ng Gay mengambil pensiun dini setelah putusan pengadilan.

3. Taman Nasional: Skandal Sepeda Brompton

Skandal korupsi yang menghebohkan Singapura adalah terjadi pada Juli 2012, pembelian 26 sepeda Brompton oleh National Parks Board (NParks) seharga 2.200 dolar Singapura.

Kasus itu terkuak berkat laporan whistleblower di forum online HardwareZone tentang kemungkinan korupsi.

Investigasi selanjutnya oleh Biro Investigasi Praktik Korupsi (CPIB) mengakibatkan pemecatan asisten direktur Dewan Taman Nasional Bernard Lim Yong Soon dan didenda 5.000 dolar Singapura karena berbohong kepada auditor tentang hubungannya dengan perusahaan sepeda yang diberikan tender.

4. CPIB: Korupsi untuk Bermain Judi

Skandal korupsi justru terjadi di lembaga yang menangani korupsi di Singapura.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)