Dari 1 Juta Pengungsi Ukraina, 44% Ingin Tetap Berada di Jerman

Jum'at, 14 Juli 2023 - 14:01 WIB
loading...
Dari 1 Juta Pengungsi Ukraina, 44% Ingin Tetap Berada di Jerman
Pengungsi Ukraina berada di tempat penampungan di Jerman. Foto/dpa
A A A
BERLIN - Dari lebih dari satu juta orang Ukraina yang datang ke Jerman sebagai pengungsi, sekitar 44% ingin tetap tinggal di negara itu. Temuan ini diungkap pejabat di Berlin pada konferensi pers pekan ini.

Institut Penelitian Ketenagakerjaan Jerman (IAB) bekerja sama dengan Institut Penelitian Ekonomi (DIW), kantor migrasi dan pengungsi (BAMF) dan Institut Federal untuk Penelitian Kependudukan (BiB) mensurvei sampel perwakilan dari 7.000 orang Ukraina yang saat ini tinggal di negara sebagai pengungsi.

Jumlah mereka yang ingin tetap tinggal meningkat lima poin persentase, dari 39% dalam survei yang dilakukan musim panas lalu.

Para pejabat mengaitkan hal ini dengan tingginya partisipasi pengungsi dalam kursus bahasa, yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mencari pekerjaan.

Sekitar 75% dari semua kedatangan Ukraina telah menyelesaikan kursus bahasa Jerman atau sedang mengambilnya.

“Jerman berinvestasi dalam integrasi berkelanjutan para pengungsi ini di pasar tenaga kerja,” ungkap Yuliya Kosyakova dari IAB.

Namun, survei menunjukkan hanya 18% dari pengungsi yang disurvei telah menemukan pekerjaan, hanya naik satu poin persentase dari tahun lalu.

“Memperluas pengasuhan anak adalah penting bagi orang tua untuk dapat mengikuti kursus bahasa dan dipekerjakan dan bagi anak-anak untuk belajar bahasa, memiliki kehidupan sehari-hari yang terstruktur dan berteman,” ungkap Andreas Ette dari kelompok riset migrasi internasional di BiB.



Mencari pekerjaan lebih menantang bagi wanita dengan anak kecil, terutama mereka yang datang ke Jerman tanpa suami.

Separuh dari pengungsi perempuan dari Ukraina memiliki setidaknya satu anak, sementara hanya 3% ibu dengan anak kecil yang telah mendapatkan pekerjaan.

“Sementara itu, 23% pengungsi laki-laki Ukraina bekerja, karena mereka umumnya memiliki pasangan,” ujar pejabat Jerman.

Pada akhir tahun 2022, ada 1,05 juta pengungsi Ukraina di Jerman, yang menjadikan mereka diaspora terbesar kedua di negara UE tengah setelah 1,34 juta etnis Turki.

Sekitar 8,6 juta orang Ukraina yang meninggalkan negara itu karena konflik yang sedang berlangsung tidak berniat untuk kembali, menurut lembaga nirlaba Kiev bernama Institut Ukraina untuk Masa Depan (UIF) pada bulan Juni.

Laporan terbaru institut mencatat Ukraina telah mengalami penurunan demografis pada saat kudeta Maidan 2014, setelah kehilangan hampir tujuh juta penduduk sejak mendeklarasikan kemerdekaan pada tahun 1991.

Bahkan menghitung Crimea dan empat wilayah yang memilih untuk bergabung dengan Rusia tahun lalu, Kiev hanya dapat mengklaim 29 juta penduduk pada saat ini, menurut UIF.

UIF memperingatkan pemerintah Ukraina bahwa mereka kehabisan orang dengan cepat.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)