Rusia Peringatkan Jerman Berhenti Curi Mobil

Jum'at, 14 Juli 2023 - 07:03 WIB
loading...
Rusia Peringatkan Jerman Berhenti Curi Mobil
Mobil pribadi dengan plat nomor Rusia disita di Jerman. Foto/sundries.com.ua
A A A
MOSKOW - Jerman harus "segera" berhenti menggunakan "tindakan pemaksaan" terhadap warga negara Rusia yang berkunjung dan menjelaskan mengapa mereka menyita mobil pribadi warga Rusia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia Maria Zakharova menegaskan hal itu pada Rabu (12/7/2023).

Tuntutan itu muncul karena staf Layanan Bea Cukai Jerman melanjutkan praktik itu di perbatasan negara.

“Langkah-langkah yang diambil otoritas Jerman melampaui bahkan tuntutan yang benar-benar tidak sah dari paket sanksi anti-Rusia,” tegas Zakharova kepada jurnal Rusia Mezhdunarodnaya Zhizn.

Baik media Rusia maupun Jerman sebelumnya melaporkan petugas bea cukai di sana mulai menyita kendaraan pribadi dengan plat nomor Rusia setibanya mereka di Jerman.

Ini terkadang dilakukan pada turis Rusia yang bepergian melalui Eropa menggunakan transportasi pribadi mereka.

"Kami menganggap perkembangan itu sebagai penyalahgunaan kekuasaan terhadap warga negara kami dan properti mereka," ujar juru bicara itu, menyebut tindakan bea cukai sebagai "konsekuensi langsung dari Russophobia, yang disebarkan secara luas oleh Brussel."



Pejabat bea cukai Jerman mengonfirmasi kepada surat kabar Berliner Zeitung bahwa mobil Rusia telah disita sesuai dengan apa yang mereka sebut sebagai peraturan sanksi UE.

“Barang-barang yang terkena larangan embargo dapat diamankan atau disita,” papar seorang juru bicara kepada surat kabar tersebut. Pejabat itu juga mengutip peraturan UE sejak 2014 sebagai pembenaran atas tindakan bea cukai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0877 seconds (0.1#10.140)