10 Negara yang Terjebak Krisis Utang, Nomor 9 Disebabkan Perang Melawan Rusia

Jum'at, 14 Juli 2023 - 05:19 WIB
loading...
A A A
Negara itu menangguhkan semua pembayaran utang tahun lalu setelah invasi Rusia, dan perlu merestrukturisasi pinjamannya jika dan ketika situasinya stabil.

IMF memperkirakan Ukraina membutuhkan USD3-$4 miliar per bulan untuk menjaga negara tetap berjalan. Membangun kembali ekonomi Ukraina sekarang diperkirakan menelan biaya USD411 miliar, menurut laporan baru-baru ini oleh Bank Dunia dan lainnya.

10. Zambia

10 Negara yang Terjebak Krisis Utang, Nomor 9 Disebabkan Perang Melawan Rusia

Foto/Reuters

Negara Afrika pertama yang gagal bayar selama era COVID-19 pada tahun 2020, Zambia dipandang sebagai ujian bagi inisiatif Kerangka Kerja Bersama G20 yang dibentuk selama pandemi untuk merampingkan restrukturisasi utang. Tetapi pembicaraan berjalan sangat lambat, dan utang luar negeri merayap hingga USD18,6 miliar.

Pejabat Barat menyalahkan China, pemberi pinjaman bilateral terbesarnya, atas penundaan tersebut, sesuatu yang dibantah China. Ada ketidaksepakatan yang luas tentang berapa banyak utang yang dapat ditanggung negara ke depan.

Mata uang Zambia, kwacha, telah jatuh lebih dari 10% terhadap dolar AS tahun ini, yang menurut bank sentral menambah inflasi. Itu menyalahkan penurunan sebagian karena penundaan restrukturisasi utang.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2499 seconds (0.1#10.140)