Mengejutkan, China Kalahkan AS dalam Persaingan Membangun Kapal Perang

Kamis, 13 Juli 2023 - 11:28 WIB
loading...
A A A
Penting untuk dicatat bahwa slide dari intelijen Angkatan Laut AS itu menyajikan perkiraan dan proyeksi, dan mengukur kapasitas pembuatan kapal pada umumnya adalah urusan yang kompleks dan beragam. Misalnya, tidak jelas bagaimana persentase Angkatan Laut dari total pendapatan pembuatan kapal dihitung.

Angkatan Laut AS sendiri telah mengakui bahwa slide ONI tidak mencerminkan kumpulan data yang pasti dan, setidaknya sebagian, merupakan dokumen hidup.

“Slide ini dikembangkan oleh Kantor Intelijen Angkatan Laut dari berbagai sumber publik sebagai bagian dari ringkasan keseluruhan tentang persaingan strategis,” kata Angkatan Laut AS kepada The War Zone, yang dilansir Kamis (13/7/2023).

“Slide ini memberikan konteks dan tren pada kapasitas pembuatan kapal China. Ini tidak dimaksudkan untuk mendalami industri pembuatan kapal komersial RRC [Republik Rakyat China]."

“Ini telah diulang dari waktu ke waktu dan sumber yang tidak terklasifikasi yang digunakan baru-baru ini adalah data pembuatan kapal yang tersedia secara komersial, rencana pembuatan kapal jarak jauh Angkatan Laut AS yang tersedia untuk umum dari Anggaran Presidensial 2023 (PB23), dan perkiraan perkiraan rencana masa depan yang didiskusikan secara publik," imbuh Angkatan Laut AS melalui juru bicaranya.

Dengan pemikiran ini, perlu ditunjukkan bahwa proyeksi dan perkiraan slide sangat dipengaruhi oleh sifat tujuan ganda yang inheren dari perusahaan galangan kapal milik negara China.

"Produsen kapal permukaan PLAN adalah komersial militer campuran dan sebagian besar konstruksi terkait PLAN [selesai] di fasilitas CSSC [China State Shipbuilding Corporation]," bunyi keterangan dalam slide tersebut.

"China adalah pembuat kapal terkemuka di dunia dengan margin yang besar dan negara itu mengontrol ~40% dari pasar pembuatan kapal komersial global."
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)