Mengejutkan, China Kalahkan AS dalam Persaingan Membangun Kapal Perang

Kamis, 13 Juli 2023 - 11:28 WIB
loading...
Mengejutkan, China Kalahkan AS dalam Persaingan Membangun Kapal Perang
Penilaian Kantor Intelijen Angkatan Laut AS menunjukkan China telah mengalahkan AS dalam persaingan membangun kapal perang. Foto/US Navy
A A A
WASHINGTON - China secara mengejutkan telah mengalahkan Amerika Serikat (AS) dalam persaingan dan kemampuan membangun kapal perang. Ini merupakan penilaian terbaru dari Kantor Intelijen Angkatan Laut (ONI) Amerika.

Menurut penilaian tersebut, negara adikuasa komunis itu memiliki kapasitas membangun kapal perang 230 kali lebih besar dari total ruang yang tersedia di galangan konstruksi Amerika.

Slide penilaianONI itu telah diterbitkan di The War Zone, sebuah situs web pertahanan, dan dikonfirmasi asli oleh Pentagon.

Menurut slide itu, China memiliki kapasitas yang cukup untuk membangun 23.250.000 juta ton kapal dibandingkan dengan kurang dari 100.000 ton di AS.

Lima puluh dok kering (dry docks) di China dapat menampung kapal induk dan 20 galangan kapal dapat mendukung program pembangunan Angkatan Laut.



Kapasitas pembuatan kapal yang berbasis di AS mengalami penurunan bahkan sebelum akhir Perang Dingin, tetapi terus menyusut bahkan lebih setelah itu. Ini berada pada titik yang sangat rendah, secara keseluruhan, sekarang.

Slide itu juga menyertakan catatan tentang persentase produksi kapal Angkatan Laut untuk setiap negara, dan ini diperkirakan lebih dari 70 persen di China.

Pada tahun 2020, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) China memiliki 355 kapal perang dan Angkatan Laut AS memiliki 296 unit.

Pada tahun 2035, kesenjangan mereka diperkirakan semakin melebar secara substansial, di mana jumlah kapal perang China dipekirakan mencapai 475 unit, sedangkan jumlah kapal perang AS antara 305 hingga 317 unit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)