5 Kelompok Tentara Bayaran AS, Ada yang Bantai 17 Warga Irak tapi Diampuni

Rabu, 12 Juli 2023 - 14:25 WIB
loading...
5 Kelompok Tentara Bayaran AS, Ada yang Bantai 17 Warga Irak tapi Diampuni
Kelompok tentara bayaran Academi atau Blackwater AS saat beroperasi di Irak. Ada belasan kelompok tentara bayaran di AS, lima di antaranya terkenal beroperasi di berbagai negara. Foto/MSNBC
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) memiliki sekitar 14 private military companies (PMC) atau perusahaan militer swasta. Dari belasan kelompok tentara bayaran ini, ada lima yang terkenal dari sepak terjangnya di berbagai negara.

Kelompok tentara bayaran sedang menjadi sorotan dunia setelah Rusia menggunakan Wagner Group PMC dalam perangnya di Ukraina.

Wagner, yang dipimpin Yevgeny Prigozhin, nyaris membahayakan kekuasaan Kremlin setelah melakukan kudeta singkat sebagai respons kekecewaan mereka terhadap militer Rusia.

Prigozhin mengakhiri pemberontakannya setelah tercapai kesepakatan dengan Kremlin yang ditengahi Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Seperti halnya Wagner Group, sepak terjang beberapa kelompok tentara bayaran AS juga diwarnai kekejaman yang menjurus ke indikasi kejahatan perang.



5 Kelompok Tentara Bayaran AS

1. Academi (Sebelumnya Bernama Blackwater)


Academi sebelumnya dikenal sebagai Blackwater. PMC ini bermarkas di McLean, Virginia.

Ini adalah kontraktor militer swasta yang didirikan pada 26 Desember 1996 oleh mantan perwira Navy SEAL Erik Prince.

Kelompok ini sempat berganti nama menjadi Xe Services pada tahun 2009, dan berganti nama lagi menjadi Academi pada tahun 2011 setelah diakuisisi oleh sekelompok investor swasta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)