Mengenal Rudal SCALP Prancis dan Bagaimana Senjata Itu Bisa Membantu Ukraina

Rabu, 12 Juli 2023 - 05:33 WIB
loading...
A A A
Hulu ledak dapat diprogram untuk meledak baik di atas target dalam apa yang dikenal sebagai semburan udara, saat tumbukan atau setelah penetrasi.

"Kemampuan seperti itu penting bagi pasukan Ukraina untuk mengganggu logistik dan komando dan kontrol Rusia," kata Ivan Klyszcz, seorang peneliti di Pusat Pertahanan dan Keamanan Internasional yang berbasis di Estonia.

"Serangan SCALP dapat membantu dengan pendekatan operasi Ukraina saat ini, yaitu untuk maju perlahan untuk melindungi pasukannya dan mengurangi korbannya sendiri sebanyak mungkin," tambahnya.

Apa yang dikatakan Prancis terkait pengiriman rudal SCALP?


Sementara beberapa sekutu Barat khawatir bahwa pasukan Ukraina mungkin melakukan serangan ke Rusia, komentar Macron menyiratkan bahwa Paris telah menerima jaminan dari Kiev bahwa rudal itu tidak akan ditembakkan ke Rusia.

Berbicara di Vilnius, dia mengatakan pengiriman rudal "akan menjaga kejelasan dan koherensi doktrin kami, yaitu mengizinkan Ukraina untuk mempertahankan wilayahnya sendiri".

Pesannya dari Vilnius cocok dengan Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace, yang mengatakan pada bulan Mei bahwa Storm Shadow akan memungkinkan Ukraina untuk memukul mundur pasukan Rusia yang berbasis di dalam wilayah kedaulatan Ukraina.

Macron tidak mengatakan berapa banyak rudal yang akan dikirim, tetapi sumber diplomatik Prancis mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa mereka berbicara tentang 50 rudal SCALP.

Menurut majalah pertahanan Defense et Securite Internationale, Prancis diketahui memiliki persenjataan kurang dari 400.

Rudal akan berasal dari stok militer Prancis yang ada, sumber militer Prancis mengatakan kepada kantor berita Agence France-Presse, menambahkan bahwa itu akan menjadi "angka yang signifikan".

Secara terpisah, sumber militer Prancis mengatakan kepada Reuters bahwa rudal tersebut diintegrasikan ke dalam jet tempur buatan Rusia milik Ukraina.

Alih-alih menjadi langkah eskalasi, sumber itu berpendapat, senjata jarak jauh akan membantu menyeimbangkan kekuatan dengan Rusia yang mampu menembak lebih jauh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)