Prancis Kirim Rudal Jelajah Jarak Jauh SCALP ke Ukraina

Rabu, 12 Juli 2023 - 00:33 WIB
loading...
Prancis Kirim Rudal Jelajah Jarak Jauh SCALP ke Ukraina
Prancis telah melakukan pengiriman pertama rudal jelajah jarak jau SCALP ke Ukraina setelah diumumkan Presiden Emmanuel Macron. Foto/Army Recognition
A A A
VILNIUS - Prancis telah mengirimkan sejumlah rudal jelajah jarak jauh SCALP ke Ukraina . Hal itu diungkapkan seorang sumber militer kepada AFP, setelah Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan pengiriman tersebut.

Pejabat itu tidak mengatakan berapa banyak SCALP - rudal Inggris-Prancis yang diluncurkan dari udara yang dikenal oleh pasukan Inggris sebagai Storm Shadow dan senjata jarak jauh Barat di Ukraina - telah dikirim.

“Rudal pertama telah dikirimkan ketika presiden mengumumkannya,” kata sumber itu, berbicara di KTT NATO di Vilnius seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (12/7/2023).

Macron mengatakan pengiriman rudal baru itu dirancang untuk memungkinkan Ukraina menyerang pasukan pendudukan Rusia “secara mendalam” selama serangan balasannya untuk membebaskan wilayahnya.



Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov memperingatkan bahwa keputusan Prancis untuk mengirim rudal adalah kesalahan dengan konsekuensi bagi pihak Ukraina, karena ini tentu saja akan memaksa Rusia untuk mengambil tindakan balasan.

SCALP/Storm Shadow memiliki jangkauan 250 kilometer dan Inggris mengumumkan pada bulan Mei bahwa mereka akan memasok sejumlah senjata canggih tersebut.

Rusia bereaksi dengan marah, memperingatkan bahwa London berisiko terseret langsung ke dalam konflik, dan bahkan beberapa sekutu Barat khawatir Kiev mungkin melakukan serangan ke Rusia.

Namun, Macron menyiratkan bahwa Ukraina telah berjanji untuk tidak menggunakan SCALP terhadap target semacam itu, dengan mengatakan bahwa mereka telah diberikan sesuai dengan doktrin yaitu untuk mengizinkan Ukraina mempertahankan wilayahnya sendiri.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)