Sedang Berlibur, Alasan Tentara Wagner Belum Pindah ke Belarusia

Minggu, 09 Juli 2023 - 08:22 WIB
loading...
A A A
Prigozhin sendiri masih bungkam selama dua minggu terakhir. Dia belum memposting di saluran Telegram pilihannya sebelumnya - Layanan Pers Yevgeny Prigozhin - sejak 26 Juni, ketika dia membela tindakan pemberontakan para tentaranya.

Prigozhin, yang telah lama mengkritik keras kementerian pertahanan Rusia dan kepala Staf Umum atas penanganan mereka terhadap perang di Ukraina, mengatakan dia meluncurkan "pawai keadilan" di Moskow untuk memprotes korupsi dan ketidakmampuan di antara para petinggi.

Ditanya tentang serangan baru-baru ini terhadap Prigozhin di media pemerintah Rusia, Yelizarov mengatakan itu adalah upaya militer Rusia untuk membuat perpecahan antara kepala tentara bayaran dan anak buahnya.

Upaya itu akan gagal, katanya, karena Prigozhin sendiri yang menciptakan dan membentuk para pejuang Wagner “ketika negara tidak membutuhkan kita.” Yelizarov membandingkan Prigozhin dan anak buahnya dengan mitos Raja Arthur dan Ksatria Meja Bundar.



Minggu ini, rekaman siaran TV negara Rusia konon direkam selama penggerebekan penegakan hukum di kantor Prigozhin di St Petersburg dan salah satu "istana" miliknya.

Dikatakan penyelidikan terhadap Prigozhin masih berlangsung meskipun ada kesepakatan 24 Juni, di mana tuntutan pidana terhadapnya atas pemberontakan yang gagal dibatalkan.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)