Perkuat Kerjasama di Berbagai Sektor, Menlu Rumania Sambangi Jakarta

Rabu, 12 Oktober 2016 - 12:45 WIB
Perkuat Kerjasama di Berbagai Sektor, Menlu Rumania Sambangi Jakarta
Perkuat Kerjasama di Berbagai Sektor, Menlu Rumania Sambangi Jakarta
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Rumania, Lazar Comanescu mengatakan, kunjungan yang dia lakukan ke Jakarta dimaksudkan untuk memperkuat dan memperluas kerjasama dengan Indonesia. Comanescu merupakan Menlu Rumania pertama yang berkunjung ke Jakarta.
Pernyataan tersebut disampaikannya paska melakukan pertemuan dengan Menlu RI, Retno Marsudi. Comanescu menyatakan, Indonesia adalah negara besar dan penting, khususnya di kawasan ASEAN. Oleh karena itu, Rumania ingin memperkuat hubungan dengan Indonesia.
"Kunjungan ke Indonesia menunjukkan betapa pentingnya pemerintah Indonesia, kami ingin menindaklanjuti dan memperkuat hubungan bilateral kami. Bagi kami, Indonesia negara yang sangat penting di Asia. Anggota yang penting di ASEAN. Saya juga datang ke sini dengan tujuan yang jelas, tidak hanya untuk meningkatkan kerjasama, namun juga untuk memastikan kepada Menlu (Retno) Marsudi bahwa ini adalah suatu yang penting bagi kita," kata Comanescu pada Rabu (12/10).
"Kami telah mereview hubungan bilateral dan mewujudkannya dalam hubungan yang sangat baik. Namun, kami juga menyampaikan fakta bahwa ada ruang untuk meningkatkan kerjasama dan substansi kerjasama. Dalam hal itu kami menyimpulkan bahwa ekonomi kedua negara memiliki potensi yang sangat baik. Indonesia adalah mitra kunci di kawasan ini dan Rumania mungkin suatu saat bisa mendapatkan jalur untuk akses Indonesia di Uni Eropa," sambungnya.
Dirinya juga mengatakan, sebagai bentuk penguatan kerjasama ini, Indonesia dan Rumania semalam sudah menandatangi kesepakatan dalam bidang ekonomi. Kesepakatan itu ditandangani oleh Kadin kedua negara.
"Selebihnya, kami sepakati bahwa ada beberapa potensi kerjasama lebih lanjut antara sains teknologi, pertukaran pelajar, human contact dan universitas rumania yang menawarkan beasiswa Indonesia dan sebaliknya juga diperlukan," ucapya.
Comanescu menambahkan, dalam pertemuan dengan Retno, dia juga membahas perkembangan di wilayah ASEAN dan membahas isu yg secara global perlu untuk ditangani secara tepat. Salah satunya adalah migrasi. "Kami juga dalam kerangka internasional menyusun suatu kerjasama tidak hanya untuk berkembang, namun akan diperkuat dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia dan Rumania akan mencari tempat sebagai anggota DK PBB," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3260 seconds (0.1#10.140)