Bendera Negara-negara Ini Memiliki Kemiripan

Kamis, 22 Desember 2022 - 22:11 WIB
loading...
Bendera Negara-negara Ini Memiliki Kemiripan
Bendera Merah Putih yang menjadi kebanggaan Indonesia ternyata mempunyai kemiripan dengan Monako. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Setiap negara memiliki benderanya masing-masing. Bendera merupakan salah satu identitas negara yang paling mudah dikenali. Biasanya, pada penyelenggaraan pertandingan olahraga internasional, masyarakat dapat melihat bendera berbagai negara, terutama di saat penyerahan medali. Namun, bendera beberapa negara ternyata punya kemiripan. Berikut 5 pasangan negara yang punya bendera sangat mirip.

1. Indonesia dan Monako

Bendera Negara-negara Ini Memiliki Kemiripan


Indonesia dan Monako memiliki kemiripan pada bendera nasionalnya, bahkan hampir identik. Kedua negara ini sama-sama mempunyai bendera berwarna merah dan putih, dengan letak yang sama dan horizontal. Bagian berwarna merah berada di atas, sementara bagian putih di sebelah bawah. Akan tetapi, ada dua hal yang membedakan bendera Indonesia dan bendera Monako, yaitu pada spot warna merah dan ukuran bendera.

Dalam penerapan digital, spot warna merah pada bendera Indonesia memiliki kode Hex #FF0000, sementara warna merah pada bendera Monako mempunyai kode Hex #CE1126. Untuk ukuran, bendera Indonesia berbentuk empat persegi panjang dengan rasio 3:2, sedangkan bendera Monako rasionya 4:5.

2. Chad dan Rumania

Bendera Negara-negara Ini Memiliki Kemiripan


Bendera negara Chad dan Rumania sangat mirip, baik dari desain maupun ukurannya. Keduanya memiliki tiga warna yang disusun vertikal, yakni warna biru, kuning, dan merah. Sedangkan dalam hal ukuran, bendera kedua negara sama-sama persegi panjang dengan rasio 2:3.

Namun, meski sekilas warnanya terlihat sama, terdapat perbedaan pada kode warna yang digunakan masing-masing bendera. Kode warna hex bendera Chad untuk warna biru, kuning, merah secara berurutan adalah Hex #002664, Hex #FECB00, dan Hex #C60C30. Sementara bendera Rumania, kodenya Hex #002B7F, Hex #FCD116, dan Hex #CE1126.

3. Belanda dan Luksemburg
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)