Hakim Iran yang Dituduh Korupsi Ditemukan Tewas di Hotel Rumania

Sabtu, 20 Juni 2020 - 02:01 WIB
loading...
Hakim Iran yang Dituduh Korupsi Ditemukan Tewas di Hotel Rumania
Petugas membawa kantung mayat di luar hotel di Bucharest, Rumania, 19 Juni. Foto/REUTERS
A A A
BUCHAREST - Hakim Iran Gholamreza Mansouri yang dituduh korupsi di Teheran dan melanggar hak asasi manusia (HAM) ditemukan tewas pada Jumat (19/6) di hotel di Bucharest, Rumania.

Gholamreza Mansouri lari dari Iran tahun lalu. Dia salah satu dari beberapa hakim yang dituduh korupsi selama pengadilan mantan pejabat yudisial yang dimulai di Teheran pada 7 Juni.

Kepolisian Rumania menahan Mansouri awal bulan ini dan pengadilan Bucharest diperkirakan menetapkan keputusan pada bulan depan terkait ekstradisinya.

“Hotel menemukan salah satu tamunya meninggal di lobi setelah dia tampaknya jatuh dari lantai tertinggi,” ungkap kepolisian Bucharest.

Kepolisian menambahkan, “Diketahui bahwa pria itu warga asing berumur 52 tahun dalam kontrol yudisial untuk tindak kejahatan di negara lain.”

Investigasi atas kematiannya sedang dilakukan. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Iran mengonfirmasi kematian Mansouri dan menunggu laporan dari Rumania.

Juru bicara Kemlu Iran Abbas Mousavi menyatakan Mansouri datang ke Kedutaan Besar Iran untuk membahas potensi kembali dan ditahan oleh kepolisian Rumania karena dia diburu di Teheran.

Mansouri berada dalam kontrol yudisial 30 hari dan dalam pengawasan. Batas waktu 10 Juli ditetapkan untuk Teheran untuk mengajukan dokumen ekstradisi. (Baca Juga: Israel Blokir Jalan-jalan Lokal Tepi Barat Menuju Lembah Jordan)

Reporters Without Borders (RSF) mengajukan gugatan pada Mansouri di Jerman, karena dia dianggap bertanggung jawab untuk penahanan dan penyiksaan pada sekitar 20 jurnalis pada 2013. (Lihat Video: Rindu dan Dianggap Mirip Anaknya, Seorang PSK Culik Anak Tujuh Tahun)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)