Presiden Belarusia: Tidak Ada Pahlawan setelah Pemberontakan Wagner

Jum'at, 07 Juli 2023 - 05:05 WIB
loading...
Presiden Belarusia: Tidak Ada Pahlawan setelah Pemberontakan Wagner
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko tak mau disebut sebagai pahlawan. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Presiden Belarusia Alexander Lukashenko-lah yang menengahi kesepakatan untuk mengakhiri pemberontakan Wagner di Rusia. Semua orang memahami itu. Dia pun disebut sebagai pahlawan yang menyelamatkan Rusia dari jurang perang saudara.

Jadi jika ada orang yang bisa mengungkap cerita paling suram ini, pastilah itu adalah pemimpin Belarusia. .Hanya beberapa minggu yang lalu ada spekulasi panas tentang kesehatannya. Namun pemimpin Belarusia itu jelas memiliki stamina.



Namun, alih-alih memberikan harapan, dia memperkeruh air pada pemberontakan Rusia baru-baru ini. Menurut kesepakatan antara Grup Wagner dan Kremlin, kepala suku Wagner Yevgeny Prigozhin seharusnya pindah ke Belarusia, bersama dengan beberapa pejuangnya.

Itu belum terjadi. Lagipula belum.

"Sampai pagi ini," kata Tuan Lukashenko, "para pejuang Wagner, yang sangat serius, masih berada di kamp-kamp tempat mereka mundur setelah Bakhmut.

"Adapun Yevgeny Prigozhin, dia ada di St Petersburg. Atau mungkin pagi ini dia terbang ke Moskow. Atau mungkin dia ada di tempat lain. Tapi dia tidak di Belarusia," ungkap Lukashenko, dilansir BBC.

BBC bertanya kepada Alexander Lukashenko apakah itu berarti kesepakatan batal. Dia menyangkal itu. Rasanya seolah-olah ada percakapan yang terjadi di balik layar yang tidak akan kami ceritakan.

Ketika berbicara tentang pemberontakan, Moskow dan Minsk tidak berada di halaman yang sama. Akhir pekan lalu TV pemerintah Rusia menyatakan bahwa Presiden Vladimir Putin telah muncul dari peristiwa dramatis ini sebagai pahlawan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)