Bos Intelijen Ukraina Pesimis KTT NATO Akan Sesuai Harapan

Kamis, 06 Juli 2023 - 21:57 WIB
loading...
Bos Intelijen Ukraina Pesimis KTT NATO Akan Sesuai Harapan
Bos intelijen Ukraina pesimis KTT NATO akan sesuai harapan. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Kepala Direktorat Intelijen Utama (GUR) militer Ukraina, Kirill Budanov, yakin bahwa Kiev tidak akan diundang untuk menjadi anggota NATO pada pertemuan puncak blok militer itu di Vilnius, Lituania minggu depan, seperti dilaporkan The Times.

“KTT NATO cukup sulit bagi saya untuk dipuji, karena alasan yang sangat sederhana: harapan masyarakat kita tidak akan terpenuhi,” kata Budanov dalam wawancara yang diterbitkan oleh surat kabar Inggris.

“Saya yakin beberapa kata akan diumumkan, tetapi tidak lebih dari itu. Saya cukup yakin apa yang akan dibicarakan di depan; Saya telah melihat draf pidato (dipersiapkan untuk KTT NATO),” klaimnya seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (6/7/2023).



Menurut The Times, kepala mata-mata Ukraina itu terdengar untuk sesaat lebih kecewa dengan perilaku sekutunya daripada perilaku musuhnya.

Presiden negara tuan rumah Lithuania, Gitanas Nauseda, mengatakan awal pekan ini bahwa Kiev tidak akan diundang untuk bergabung dengan NATO pada pertemuan di Vilnius.

Namun, dia bersikeras bahwa para pemimpin blok itu akan tetap menyetujui kata-kata yang tidak akan mengecewakan Ukraina dan akan mengatakan lebih dari apa yang biasa dikatakan.

“Sudah ada kesepakatan tentang pembentukan Dewan NATO-Ukraina untuk memperkuat integrasi Kiev ke dalam aliansi,” ia mencatat.



Menurut jadwal yang diberikan oleh layanan pers NATO, pertemuan pertama dewan akan berlangsung pada 12 Juli – hari kedua acara di Vilnius.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)