Minggu Ini, AS Putuskan Nasib Pengiriman Bom Terlarang ke Ukraina

Kamis, 06 Juli 2023 - 16:18 WIB
loading...
Minggu Ini, AS Putuskan Nasib Pengiriman Bom Terlarang ke Ukraina
AS akan putuskan akan mengirim atau tidak bom cluster ke Ukraina pada minggu ini. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dapat membuat keputusan akan menyetujui pengiriman munisi tandan yang kontrovesial ke Ukraina paling cepat minggu ini. Hal itu diungkapkan pejabat AS kepada CBS News pada hari Rabu.

Munisi tandan membawa puluhan bom kecil yang menyebar saat diledakkan dan telah dilarang oleh lebih dari 100 negara karena bom yang tidak meledak dapat menimbulkan risiko bagi warga sipil selama bertahun-tahun setelah pertempuran usai.

AS sedang mempertimbangkan untuk menyetujui permintaan munisi tandan Ukraina untuk mengatasi tingginya permintaan amunisi dalam serangan melakukan serangan balasan terhadap pasukan Rusia yang berjalan lambat.

"Satu munisi tandan umumnya mengeluarkan bom yang dapat mencakup area lima kali lipat dari munisi konvensional," menurut seorang pejabat AS seperti dikutip dari CBS News, Kamis (6/7/2023).



Konvensi Munisi Tandan mulai berlaku pada tahun 2010 dan melarang penggunaan, produksi, dan penimbunan munisi tandan di 123 negara yang menjadi pihak atau penandatangan. AS, Rusia, dan Ukraina belum menandatangani perjanjian itu. Tentara Rusia dan Ukraina dilaporkan telah menggunakan munisi tandan di medan perang.

Undang-undang AS mewajibkan pengabaian presiden untuk mengekspor munisi tandan jika lebih dari 1% bom yang dikandungnya gagal meledak, yang dikenal sebagai "dud rate". Amunisi konvensional yang ditingkatkan dengan tujuan ganda, atau DPICM, yang sedang dipertimbangkan AS untuk dikirim memiliki tingkat tak berguna lebih dari 1%, yang mungkin cukup dapat diabaikan untuk meyakinkan sekutu bahwa imbalan menyediakan DPICM lebih besar daripada risiko bom yang tidak meledak.

"Analis militer kami telah mengkonfirmasi bahwa DPICM akan berguna, terutama melawan posisi Rusia yang digali di medan perang," kata Laura Cooper, wakil asisten menteri pertahanan untuk Rusia, Ukraina dan Eurasia, selama kesaksian kongres awal musim panas ini.

“Alasan mengapa Anda belum melihat langkah maju dalam menyediakan kemampuan ini terkait dengan pembatasan Kongres yang ada pada ketentuan DPICM dan kekhawatiran tentang persatuan sekutu. Namun dari perspektif efektivitas medan perang, kami yakin ini akan berguna,” jelas Cooper.

(ian)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)
pixels