Bahaya, Pentagon Sebut Bom Terlarang Ini Berguna untuk Ukraina

Jum'at, 23 Juni 2023 - 21:49 WIB
loading...
Bahaya, Pentagon Sebut Bom Terlarang Ini Berguna untuk Ukraina
AS sebut bom cluster yang dilarang berguna untuk Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pentagon mengatakan Ukraina akan mendapat manfaat dari munisi tandan yang dipasok Amerika Serikat (AS). Pentagon mengklaim mereka akan efektif melawan benteng Rusia saat Kiev terus maju dengan serangan balasannya.

Tampil di hadapan sidang subkomite Urusan Luar Negeri DPR AS, wakil Pentagon Laura Cooper ditanya apakah bom cluster 155 milimeter dapat membantu Ukraina mengimbangi keunggulan kuantitatif dalam tenaga kerja, lapis baja, dan artileri Rusia.

“Analis militer kami telah mengkonfirmasi bahwa DPICM akan berguna terutama melawan posisi Rusia di medan perang,” kata Cooper, mengacu pada senjata cluster dengan nama resminya, Amunisi Konvensional yang Ditingkatkan Tujuan Ganda seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (23/6/2023).

Dia menambahkan bahwa Gedung Putih tidak dapat memenuhi permintaan berulang kali dari Kiev untuk bom karena adanya pembatasan dari kongres dan kekhawatiran tentang persatuan sekutu.



Bom cluster membawa submunisi ledak yang lebih kecil yang dilepaskan saat terbang dan tersebar di area target, biasanya digunakan untuk melawan personel dan kendaraan lapis baja ringan. Namun, karena kecenderungan mereka untuk meninggalkan 'submunisi' yang tidak meledak - yang dapat tetap hidup di bekas zona konflik selama beberapa dekade - lebih dari 120 negara telah setuju untuk melarang senjata tersebut, termasuk sebagian besar anggota NATO.

Sementara Washington belum bergabung dengan Konvensi internasional tentang Munisi Tandan, Kongres AS pada tahun 2009 mengesahkan undang-undang yang melarang ekspor bom tandan apa pun dengan tingkat 'tak berguna' lebih dari 1%, yang berlaku untuk sebagian besar persediaan AS.

Meskipun tindakan tersebut secara efektif melarang semua pengiriman senjata ke luar negeri, Presiden Joe Biden dapat mengesampingkan pembatasan tersebut kapan saja.

Beberapa anggota parlemen dari Partai Republik telah mendesak Gedung Putih untuk melakukan hal itu, dengan sekelompok anggota kongres dan senator partai itu memberi tahu Biden pada bulan Maret untuk mengabaikan kekhawatiran yang tidak jelas tentang reaksi sekutu dan mitra serta ketakutan yang tidak berdasar akan 'eskalasi'.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)