Buku Ini Dikembalikan ke Perpustakaan Lebih dari Seabad Setelah Dipinjam

Rabu, 05 Juli 2023 - 23:26 WIB
loading...
Buku Ini Dikembalikan ke Perpustakaan Lebih dari Seabad Setelah Dipinjam
Buku ini dikembalikan ke perpustakaan lebih dari seabad setelah dipinjam. Foto/UPI
A A A
WASHINGTON - Sebuah buku yang dipinjam dari perpustakaan Massachusetts pada tahun 1903 akhirnya dikembalikan tahun ini atau kurang dari 120 tahun berada di daftar jatuh tempo.

Buku itu adalah bagian dari buku yang baru-baruini disumbangkan ke Perpustakaan Pusat Kota Universitas Virginia Barat.

Tiga dari buku yang disumbangkan masih memiliki kartu check-out perpustakaan di dalamnya, termasuk "An Elementary Treatise on Electricity" oleh James Clerk Maxwell.

Buku itu diterbitkan secara anumerta pada tahun 1881, dua tahun setelah Maxwell meninggal. Secara kebetulan, tahun 1879 adalah tahun yang sama ditemukannya bola lampu pijar.



Buku itu telah check-out dari Perpustakaan Umum Gratis New Bedford pada tahun 1903, hampir 120 tahun setelah seorang pembaca ingin tahu lebih banyak tentang daya tarik listrik.

“Terakhir check-out pada tahun 1903. Jadi, sekarang tahun 2023, yang sangat, sangat bagus untuk dapat mengembalikan buku yang telah lama hilang dari rumahnya,” ucap Stewart Plein, kurator buku langka dan sumber daya cetak, kepada WDTV yang dikutip dari The Messenger, Rabu (5/7/2023).

“Ini benar-benar buku penting saat itu karena bola lampu baru ditemukan… Jadi, listrik adalah hal yang sangat baru,” tambahnya.

Buku lain, “Economic Principles of Consumption” oleh Paul H. Nystrom, telah keluar dari Perpustakaan Umum New York pada tahun 1900-an.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)