Buku Ini Dikembalikan ke Perpustakaan Hampir 100 Tahun Setelah Dipinjam

Jum'at, 26 Mei 2023 - 19:05 WIB
loading...
Buku Ini Dikembalikan ke Perpustakaan Hampir 100 Tahun Setelah Dipinjam
Buku ini dikembalikan ke perpustakaan hampir 100 tahun setelah dipinjam. Foto/Daily Express
A A A
WASHINGTON - Sebuah buku yang dipinjam hampir seabad lalu akhirnya dikembalikan ke perpustakaan dengan denda USD1.800 atau sekitar Rp26,9 juta.

Salinan buku "A History of the United States" karya Benson Lossing dikembalikan ke Perpustakaan Umum St Helena setelah 96 tahun oleh Jim Perry.

The Daily Express AS melaporkan buku itu ditemukan Perry saat melihat-lihat koleksi lektur mendiang istrinya, Sandra. Penduduk Napa, California, Ameriika Serikat (AS) itu mengatakan dia sedang membersihkan rumahnya ketika dia menemukan buku yang berantakan.



"Kotak buku ini telah disimpan di tempat yang sejuk di rumah kami tempat kami menyimpan buku-buku kami," ujarnya seperti dikutip dari Daily Express, Jumat (26/5/2023).

Perry percaya bahwa peminjam asli buku itu adalah kakek mendiang istrinya, John McCormick, pada tahun 1927, yang meminjam buku itu untuk putri Edna May dan Ina, yang berusia 10 dan 13 tahun saat itu.

Buku itu dikembalikan bulan ini, dengan Perryterbebas darikeharusan membayar denda sebesar Rp26,9 juta karena perubahan kebijakan perpustakaan pada tahun 2019.

"Baru setelah saya mendapatkannya kemudian saya bertanya-tanya apakah itu salah satu buku asli dalam koleksi kami," ujar Chris Kreiden, direktur Perpustakaan Umum St. Helena, kepada ABC News.



Buku itu diturunkan dari John kepada putrinya Edna May, yang pada gilirannya menyerahkannya kepada istri Perry ketika dia meninggal pada tahun 2011. Kreiden membenarkan bahwa salinannya tidak dalam keadaan baik dan tulang buku tersebut telah hilang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)