5 Alasan Mengapa SCO Jadi Andalan Presiden Putin, Nomor 3 Bisa Jadi Pesaing NATO dan Uni Eropa

Rabu, 05 Juli 2023 - 17:43 WIB
loading...
5 Alasan Mengapa SCO Jadi Andalan Presiden Putin, Nomor 3 Bisa Jadi Pesaing NATO dan Uni Eropa
Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi Shanghai Cooperation Organisation (SCO) menjadi andalan untuk membangun kekuatan baru. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan puncak Shanghai Cooperation Organisation atau Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) yang dilaksanakan secara virtual. Itu menjadi penampilan pertamanya di sebuah acara internasional sejak kepala Wagner Yevgeny Prigozhin melakukan pemberontakan singkat pada bulan Juni.

Putin bergabung dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, yang negaranya menjadi tuan rumah acara tersebut, Presiden China Xi Jinping, serta para pemimpin dan perwakilan dari beberapa negara Asia Tengah, termasuk Pakistan dan Kazakhstan, pada Selasa (4/7/2023).

Forum tersebut berfokus pada kerja sama keamanan dan ekonomi, memerangi terorisme dan perdagangan narkoba, mengatasi perubahan iklim dan situasi di Afghanistan.

“SCO telah muncul sebagai platform signifikan untuk perdamaian, kemakmuran, dan pembangunan di seluruh kawasan Asia,” kata Modi di KTT tersebut, dilansir Al Jazeera.

Namun, signifikansi politik dari KTT tersebut, di tengah peristiwa baru-baru ini di Rusia dan perang di Ukraina, berjalan jauh lebih dalam untuk pengelompokan yang mewakili jaringan aliansi dan persaingan yang kompleks.

Berikut adalah 5 alasan kenapa SCO menjadiandalan bagi Presiden Putin.

1. 30% PDB Global dan 40% Populasi Dunia

5 Alasan Mengapa SCO Jadi Andalan Presiden Putin, Nomor 3 Bisa Jadi Pesaing NATO dan Uni Eropa

Foto/Reuters

SCO secara geografis dan ekonomi signifikan karena negara-negara anggotanya menyumbang sekitar 30 persen dari PDB global, dan merupakan rumah bagi sekitar 40 persen populasi dunia.

India, Kazakhstan, Cina, Kyrgyzstan, Rusia, Pakistan, Tajikistan, dan Uzbekistan adalah anggota penuh. Kelompok tersebut memasukkan Iran sebagai anggota kesembilan. Afghanistan, Belarus, dan Mongolia memiliki status pengamat dengan SCO, sementara enam negara — Azerbaijan, Armenia, Kamboja, Nepal, Turki, dan Sri Lanka — memiliki status mitra dialog.


2. Awalnya Bukan Blok Ekonomi, Bukan Anti-NATO

5 Alasan Mengapa SCO Jadi Andalan Presiden Putin, Nomor 3 Bisa Jadi Pesaing NATO dan Uni Eropa

Foto/Reuters

SCO bukanlah aliansi "anti-NATO", seperti yang kadang-kadang dilabeli oleh para kritikus. Ini bukan blok ekonomi (seperti Uni Eropa) atau aliansi militer (seperti NATO), meskipun anggotanya telah melakukan latihan militer bersama.

Jadi apa itu? SCO merupakan organisasi antar pemerintah regional yang menawarkan kesempatan kepada negara-negara Eurasia yang percaya pada dunia multipolar untuk menyeimbangkan kepentingan mereka di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik global.

Dan itu memberi Rusia dan China platform untuk mempromosikan hubungan yang lebih kuat dengan negara-negara yang - meskipun bukan sekutu - senang berbisnis dengan mereka.

3. Bisa Menjadi Kekuatan Ekonomi dan Aliansi Militer

5 Alasan Mengapa SCO Jadi Andalan Presiden Putin, Nomor 3 Bisa Jadi Pesaing NATO dan Uni Eropa

Foto/Reuters

Rusia dan China mengindikasikan bahwa mereka ingin SCO berbuat lebih banyak. Putin mengusulkan integrasi ekonomi yang lebih besar di antara negara-negara SCO, sementara juga menyarankan bahwa kelompok tersebut perlu meningkatkan kerja sama keamanan. Itu merupakan pernyataan yang digaungkan oleh Presiden China Xi dan Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Asal-usul SCO terletak pada penandatanganan pakta "Lima Shangai" pada tahun 1996 di Shanghai, sebuah perjanjian yang dirancang untuk menyelesaikan sengketa perbatasan antara China dan tetangganya pasca-Soviet Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Tajikistan.

Saat ini, Scho menghadapi konflik berkelanjutan lainnya di sepanjang perbatasan Rusia dengan negara pasca-Soviet lainnya, Ukraina.


4. Barisan Sakit Hati terhadap Amerika Serikat

5 Alasan Mengapa SCO Jadi Andalan Presiden Putin, Nomor 3 Bisa Jadi Pesaing NATO dan Uni Eropa

Foto/Reuters

Negara-negara SCO ragu-ragu untuk mengkritik Rusia sejak meluncurkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022.

Namun, alasan untuk mempertahankan hubungan dengan Rusia sangat bervariasi di antara para anggotanya.

China telah menjaga hubungan diplomatik yang erat dengan Rusia karena secara politik tetap ambivalen atas perang sambil meningkatkan perdagangan dengan Rusia setelah negara-negara Barat memukul yang terakhir dengan sanksi yang ketat.

Pada bulan Maret, Xi melakukan perjalanan ke Moskow untuk bertemu dengan Putin karena kedua pemimpin menyetujui "era baru" kerja sama.

India, seorang teman lama Rusia, telah mencoba memainkan tindakan penyeimbang yang rumit. Sejak perang dimulai, ia secara dramatis meningkatkan pembelian minyak Rusia yang didiskon, mempertahankan kontak tingkat tinggi dengan Moskow, dan secara teratur abstain dari pemungutan suara pada resolusi PBB yang mengutuk perang di Ukraina.

Namun, India juga mempertahankan hubungan dengan negara-negara Barat dan, kadang-kadang, secara tidak langsung menyuarakan beberapa keprihatinan atas tindakan Rusia, menyoroti pentingnya Piagam PBB, hukum internasional, dan penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas teritorial negara.

Iran telah menjadi yang paling aktif dalam mendukung Rusia, menandatangani beberapa kesepakatan militer dengan Moskow ketika negara yang terkena sanksi itu mati-matian mencari jalur ekonomi baru.

5. Masih Menyimpan Benalu

5 Alasan Mengapa SCO Jadi Andalan Presiden Putin, Nomor 3 Bisa Jadi Pesaing NATO dan Uni Eropa

Foto/Reuters

Dua negara terpadat, China dan India, telah mengalami kebuntuan selama hampir tiga tahun yang melibatkan ribuan tentara yang ditempatkan di sepanjang perbatasan yang disengketakan di pegunungan Ladakh.

Masing-masing pihak telah menempatkan ribuan personel militer yang didukung oleh artileri, tank, dan jet tempur di sepanjang perbatasan de facto yang memisahkan China dan wilayah yang dikuasai India dari Ladakh di barat hingga negara bagian Arunachal Pradesh di India timur, yang diklaim China secara keseluruhan.

India dan Pakistan juga hampir tidak berbicara, ketegangan mereka yang telah berlangsung selama puluhan tahun sedang memuncak. Di KTT tersebut, Modi menyerang Pakistan, menunjuk pada dugaan dukungannya untuk para pejuang di Kashmir dan sekitarnya.

Baru-baru ini Kazakhstan telah menunjukkan tanda-tanda menjauh dari Rusia. Pada bulan Juni, negara tersebut memutuskan untuk berhenti menjadi tuan rumah pembicaraan yang bertujuan untuk menyelesaikan konflik Suriah dalam sebuah langkah mengejutkan yang mendorong Dewan Keamanan Rusia untuk menuduh Barat mendorong perpecahan antara Rusia dan Kazakhstan dengan mencampuri urusan negara-negara berdaulat.

Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev juga mengumumkan tidak akan menghadiri forum ekonomi tahunan di Saint Petersburg, Rusia. Sebaliknya, kata Almaty, pejabat tingkat bawah akan berpartisipasi, tanpa memberikan penjelasan.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)