5 Alasan Mengapa SCO Jadi Andalan Presiden Putin, Nomor 3 Bisa Jadi Pesaing NATO dan Uni Eropa

Rabu, 05 Juli 2023 - 17:43 WIB
loading...
A A A
Namun, India juga mempertahankan hubungan dengan negara-negara Barat dan, kadang-kadang, secara tidak langsung menyuarakan beberapa keprihatinan atas tindakan Rusia, menyoroti pentingnya Piagam PBB, hukum internasional, dan penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas teritorial negara.

Iran telah menjadi yang paling aktif dalam mendukung Rusia, menandatangani beberapa kesepakatan militer dengan Moskow ketika negara yang terkena sanksi itu mati-matian mencari jalur ekonomi baru.

5. Masih Menyimpan Benalu

5 Alasan Mengapa SCO Jadi Andalan Presiden Putin, Nomor 3 Bisa Jadi Pesaing NATO dan Uni Eropa

Foto/Reuters

Dua negara terpadat, China dan India, telah mengalami kebuntuan selama hampir tiga tahun yang melibatkan ribuan tentara yang ditempatkan di sepanjang perbatasan yang disengketakan di pegunungan Ladakh.

Masing-masing pihak telah menempatkan ribuan personel militer yang didukung oleh artileri, tank, dan jet tempur di sepanjang perbatasan de facto yang memisahkan China dan wilayah yang dikuasai India dari Ladakh di barat hingga negara bagian Arunachal Pradesh di India timur, yang diklaim China secara keseluruhan.

India dan Pakistan juga hampir tidak berbicara, ketegangan mereka yang telah berlangsung selama puluhan tahun sedang memuncak. Di KTT tersebut, Modi menyerang Pakistan, menunjuk pada dugaan dukungannya untuk para pejuang di Kashmir dan sekitarnya.

Baru-baru ini Kazakhstan telah menunjukkan tanda-tanda menjauh dari Rusia. Pada bulan Juni, negara tersebut memutuskan untuk berhenti menjadi tuan rumah pembicaraan yang bertujuan untuk menyelesaikan konflik Suriah dalam sebuah langkah mengejutkan yang mendorong Dewan Keamanan Rusia untuk menuduh Barat mendorong perpecahan antara Rusia dan Kazakhstan dengan mencampuri urusan negara-negara berdaulat.

Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev juga mengumumkan tidak akan menghadiri forum ekonomi tahunan di Saint Petersburg, Rusia. Sebaliknya, kata Almaty, pejabat tingkat bawah akan berpartisipasi, tanpa memberikan penjelasan.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)