Inikah Lokasi Kamp Wagner di Belarusia?

Jum'at, 30 Juni 2023 - 07:28 WIB
loading...
A A A
Gambar satelit menunjukkan fasilitas baru yang didirikan baru-baru ini, di sebuah pangkalan militer di desa Tsel, sekitar 15 km di luar Osipovichi.

Yevgeny Prigozhin, pemimpin Grup Wagner, tiba di Belarusia pada hari Senin, kata Lukashenko, tetapi keberadaan pastinya tidak diketahui.

Menurut kelompok pemantau militer independen Belarusia, Belaruski Hajun, Prigozhin bertemu dengan Lukashenko beberapa kali minggu ini untuk membahas pasukannya di Belarusia.



Jet pribadi Prigozhin beroperasi dari Pangkalan Udara Machulishchy dekat Minsk.

Gerilyawan dari BYPOL mengatakan kepada AP bahwa mereka akan melawan pejuang Wagner yang ditempatkan di Belarusia dan akan melakukan tindakan sabotase di lokasi di mana tentara bayaran itu bermarkas.

Namun kedekatan pasukan Wagner dengan negara-negara seperti Polandia, Latvia, dan Lituania, telah membuat khawatir para anggota NATO.

Lukashenko mengatakan tentara Wagner yang tidak ingin berada di bawah komando Kementerian Pertahanan Rusia dapat tinggal di Belarusia "untuk beberapa waktu" dengan biaya sendiri.

Negara tetangga Baltik juga menyatakan keprihatinan tentang bagaimana hal ini akan mempengaruhi keamanan di wilayah tersebut.

Dalam pernyataan bersama hari Rabu, para ketua parlemen di Estonia, Latvia, dan Lituania mendesak Uni Eropa untuk melabeli Wagner sebagai kelompok teroris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)