6 Operasi Global Wagner yang Menghasilkan Minyak dan Emas

Jum'at, 30 Juni 2023 - 00:06 WIB
loading...
6 Operasi Global Wagner yang Menghasilkan Minyak dan Emas
Tentara bayaran Wagner mendapatkan emas dan minyak dalam berbagai operasi tempur di luar negeri. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Pemberontakan yang gagal oleh kelompok Wagner Rusia pekan lalu mempertanyakan nasib jaringan luas operasi militer dan komersial kelompok itu di seluruh Eropa, Timur Tengah dan Afrika. Operasi global Wagner tersebut merupakan penghasil minyak dan emas bagi tentara bayaran tersebut.

Berikut adalah 6 operasi global Wagner untuk perang sehingga bisa mendapatkan minyak dan emas.

1. Ukraina

6 Operasi Global Wagner yang Menghasilkan Minyak dan Emas

Foto/Reuters

Wagner dikerahkan di Ukraina segera setelah invasi dimulai awal tahun lalu dan pada musim panas ia merekrut ribuan tahanan untuk berjuang di garis depan.

Pada bulan Desember, karena mengambil peran sentral dalam pertempuran untuk Bakhmut, intelijen AS memperkirakan ada 40.000 tentara bayaran merupakan tahanan yang bertempur di Ukraina, meskipun Wagner sendiri belum mengomentari angka tersebut.

Para pemimpin kelompok memuji keberhasilan Rusia di Bakhmut sambil mengkritik militer reguler dan kepemimpinan Kementerian Pertahanan.

2. Belarusia

Bos Wagner Prigozhin tiba di Belarus pada Selasa (27/6/2023) di bawah kesepakatan yang dinegosiasikan oleh Presiden Alexander Lukashenko. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan para pejuang kelompok itu akan ditawari pilihan untuk pindah ke sana.

Citra satelit dari pangkalan militer di dekat Asipovichi, tenggara Minsk, tempat media Rusia melaporkan kelompok itu akan berdiri sendiri, tampaknya menunjukkan konstruksi baru, yang menunjukkan perkembangan pesat fasilitas Wagner.


3. Suriah

Rusia secara resmi memulai operasi militer di Suriah pada tahun 2015 untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad, mengerahkan angkatan udaranya dari pangkalan udara Hmeimim dan menggunakan kontraktor termasuk Wagner untuk beberapa operasi darat dan peran keamanan.

Ratusan tentara bayaran Wagner dibunuh oleh pasukan AS selama konfrontasi di Suriah pada tahun 2018.

Kelompok tersebut mengambil alih keamanan ladang minyak al-Shaer dan pejabat Barat mengatakan mereka memiliki Evro Polis, sebuah perusahaan yang mengambil 25% keuntungan dari beberapa ladang minyak.

Wagner telah merekrut mantan pejuang pemberontak Suriah di daerah yang direbut kembali oleh Assad, termasuk untuk digunakan sebagai tentara bayaran di Libya mulai 2019.

Pangkalan udara Hmeimim sementara itu telah menjadi simpul penting dalam operasi logistik global Wagner sebagai titik transit penerbangan antara Rusia, Timur Tengah dan ke Afrika melalui pangkalan udara di Libya.

4. Libya

6 Operasi Global Wagner yang Menghasilkan Minyak dan Emas

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)