Perkuat Kendali Militer Rusia, Putin Lenyapkan 2 Jenderal Pengkhianat

Kamis, 29 Juni 2023 - 22:17 WIB
loading...
A A A
Jenderal Viktor Zolotov, kepala Garda Nasional dan pernah menjadi pengawal Putin, muncul sebagai penerima manfaat lain setelah tampil di depan umum untuk mengatakan anak buahnya siap "berdiri sampai mati" untuk membela Moskow dari Wagner.

Dia telah berbicara tentang kemungkinan mendapatkan persenjataan berat dan tank untuk pasukannya setelah pemberontakan.

Gerasimov sangat mencolok dengan ketidakhadirannya ketika Putin pada hari Selasa berterima kasih kepada tentara karena telah mencegah perang saudara, tidak seperti Shoigu yang beberapa kali muncul di depan umum sejak itu.

Surovikin, wakil Gerasimov, terakhir terlihat pada hari Sabtu ketika dia muncul dalam sebuah video yang meminta Prigozhin untuk menghentikan pemberontakannya. Dia tampak kelelahan dan tidak jelas apakah dia berbicara di bawah tekanan.



Dara Massicot, seorang ahli militer Rusia di think-tank RAND Corporation, mengatakan bahwa ada sesuatu yang aneh tentang video tersebut, di mana Surovikin memiliki senjata otomatis di pangkuannya.

"Saya mencatat beberapa hari yang lalu, ada sesuatu yang sangat aneh di sini. Dia tidak memakai lencana atau tab pangkatnya. Lebih dari 30 tahun di militer dan dia tidak memakainya, bahkan di malam hari? Tidak," tulisnya di Twitter.

Ada laporan media dan blogger Rusia yang belum dikonfirmasi bahwa Surovikin ditahan di fasilitas penahanan Lefortovo Moskow setelah ditangkap.

Alexei Venediktov, seorang jurnalis yang memiliki koneksi yang baik, mengatakan - tanpa mengutip sumbernya - bahwa Surovikin tidak menghubungi keluarganya sejak Sabtu dan pengawalnya juga bungkam. Namun, dia mengatakan bahwa Surovikin tidak ditahan di Lefortovo.

Prigozhin, yang telah menghabiskan waktu berbulan-bulan menjelek-jelekkan Shoigu dan Gerasimov atas tuduhan kesalahan mereka dalam mengawasi perang di Ukraina, sering memuji Surovikin, yang dihormati secara luas di ketentaraan atas pengalamannya di Chechnya dan Suriah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)