Mengapa Bos Wagner Berkhianat kepada Putin dan Rusia?

Selasa, 27 Juni 2023 - 14:27 WIB
loading...
Mengapa Bos Wagner Berkhianat kepada Putin dan Rusia?
Tentara bayaran Wagner Group melakukan pemberontakan terhadap militer Rusia dan kemudian tiba-tiba membatalkannya. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin setuju untuk mencabut tuduhan pengkhianatan terhadap pemimpin tentara bayaran Wagner Group, dan memilih untuk menempatkannya ke Belarusia.

Mengutip The Moscow Times, kesepakatan tersebut mengakhiri ancaman Wagner Group yang akan menyerbu Moskow. Namun, para analis mengatakan pemberontakan Wagner telah membuat pemerintahan Putin lebih rapuh daripada yang diperkirakan.

Sebelumnya, Prigozhin mengatakan Wagner pulang dari Ukraina untuk menghindari pertumpahan darah yang dilakukan oleh Rusia. Dia dan pasukannya juga sempat menyerbu Kota Rostov-on-Don, kota di Rusia selatan, dan bergerak menuju Moskow.

Ulah bos Wegner ini mendapat perhatian dari petinggi politik dan militer Rusia. Dinas Keamanan Federal (FSB) mengatakan pihaknya telah membuka kasus pidana terhadap Prigozhin.

Namun pada akhirnya, Putin memilih untuk membatalkan dakwaan terhadap Prigozhin dan pasukannya. Itu dilakukan sebelum kekacauan semakin merebak dan membuat pasukan Ukraina lebih leluasa bergerak.



Penyebab Bos Wagner Berkhianat Kepada Putin


Pengkhianatan Yevgeny Prigozhin terhadap Presiden Vladimir Putin kemungkinan besar disebabkan oleh perseteruannya dengan para petinggi militer Rusia terkait pelaksanaan operasi di Ukraina.

Menurut BBC, ketegangan telah tumbuh di antara mereka tentang bagaimana perang itu terjadi, di mana Prigozhin meluncurkan kritik vokal terhadap kepemimpinan militer Rusia dalam beberapa bulan terakhir.

Puncaknya terjadi pada 24 Juni, ketika tentara bayaran Wagner Group melintasi perbatasan dari kamp lapangan mereka di Ukraina dan memasuki Kota Rostov-on-Don.

Mereka mengambil alih komando militer regional dan merebut fasilitas militer di Voronezh, kemudian bergerak menuju Moskow.

Saat itu muncul peringatan bahwa ribuan pasukan elite Chechnya sedang menuju ke Moskow untuk melawan tentara Wagner, jika diperlukan.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Sabtu malam mengungkapkan bahwa surat perintah penangkapan untuk Prigozhin akan dicabut dan kasus pidana terhadap dirinya dan pasukannya akan dibatalkan.

Kemudian para tentara bayaran Wagner mulai meninggalkan Kota Rostov-on-Don dan membatalkan pemberontakan bersenjata.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)