Jutawan China Ini Tak Lulus Tes Masuk Universitas untuk Ke-27 Kalinya

Senin, 26 Juni 2023 - 11:41 WIB
loading...
Jutawan China Ini Tak Lulus Tes Masuk Universitas untuk Ke-27 Kalinya
Liang Shi, jutawan China yang tidak lulus tes masuk universitas untuk ke-27 kalinya. Foto/Weibo
A A A
BEIJING - Liang Shi (56), seorang jutawan mandiri di China, tidak lulus dalam ujian masuk universitas untuk ke-27 kalinya. Dia sekarang bertanya-tanya apakah dia akan berhasil masuk ke universitas impiannya.

Liang telah mengikuti ujian "gaokao" yang melelahkan puluhan kali selama empat dekade terakhir, berharap mendapatkan tempat di Universitas Sichuan—universitas papan atas—dan memenuhi ambisinya untuk menjadi "seorang intelektual".

Dalam banyak hal, Liang memiliki kehidupan yang sukses—dia bekerja keras dari pekerjaan kasar di lantai pabrik hingga mendirikan bisnis bahan bangunannya sendiri, menghasilkan jutaan yuan dalam prosesnya, tetapi impian universitasnya sejauh ini telah menghindarinya.

Dalam pencariannya untuk pendidikan tinggi bergengsi, sang jutawan telah menghabiskan 12 jam per hari untuk belajar, tidak minum dan bermain mahjong, dan menanggung ejekan media sebagai "gaokao holdout", serta kecurigaan online bahwa itu semua adalah upaya publisitasnya.



Tapi meski berbulan-bulan hidup seperti "biksu pertapa", tahun ini Liang kurang 34 poin dalam batas yang ditetapkan ujian masuk ke universitas mana pun.

"Sebelum saya mendapatkan hasilnya, saya merasa bahwa saya tidak akan bisa mendapatkan nilai yang cukup tinggi untuk masuk ke universitas elite," katanya kepada AFP, yang dilansir Senin (26/6/2023).

"Tapi saya tidak berharap untuk tidak membuatnya menjadi yang biasa."

Sesaat sebelum pukul 22.00 malam pada hari Jumat (23/6/2023)—bersama dengan ratusan ribu siswa sekolah menengah di provinsi Sichuan barat daya—jutawan berambut abu-abu itu dengan hati-hati mengetik informasi identifikasi ujiannya dan dengan gugup menunggu untuk mengetahui bagaimana dia melakukannya.

Beberapa reporter media lokal menyiarkan langsung adegan itu juga dengan rajin memeriksa update—dan dari ekspresi kecewa mereka, Liang tahu bahkan sebelum dia melihat layarnya sendiri bahwa hasilnya tidak ideal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)