alexametrics

Ribuan Demonstran Kecam Vladimir Putin di Timur Jauh Rusia

loading...
Ribuan Demonstran Kecam Vladimir Putin di Timur Jauh Rusia
Ribuan demonstran turun ke jalanan di kota Khabarovsk, timur jauh Rusia, 25 Juli 2020. Foto/REUTERS
A+ A-
MOSKOW - Ribuan orang berunjuk rasa di kota Khabarovsk, timur jauh Rusia, pada Sabtu (25/7) untuk akhir pekan ketiga berturut-turut.

Mereka memprotes cara Presiden Rusia Vladimir Putin menangani krisis politik regional yang memicu unjuk rasa. Khabarovsk terletak sekitar 6.110 km dan tujuh zona waktu dari Moskow.

Warga Khabarovsk tidak senang dengan penahanan terhadap Gubernur Sergei Furgal yang sangat populer di wilayah itu. Furgal dituduh dalam kasus pembunuhan yang dia sangkal.

Para pendukungnya menganggap penahanan Furgal dimotivasi politik. Unjuk rasa ini membuat pusing Kremlin yang berupaya mengatasi penurunan pendapatan akibat Covid-19.



Tayangan menunjukkan demonstran meneriakkan “Memalukan!” dan slogan-slogan yang mendesak Putin mundur karena warga lokal sudah tidak percaya padanya.

Otoritas kota memperkirakan sekitar 6.500 orang mengikuti unjuk rasa. Media lokal menyebut jumlah demonstran mencapai 20.000 orang.



Para pendukung Furgal menganggap dia dihukum karena kandidat dari partai berkuasa pro-Putin kalah dalam pemilu 2018. Kremlin menyatakan Furgal memiliki dakwaan serius yang harus dihadapi.

Unjuk rasa sebesar ini sangat tidak biasa bagi wilayah Rusia. Meski demikian, otoritas belum bertindak untuk membubarkan aksi ini. (Baca Juga: Erdogan: Kunjungi Makam Sultan Muhammad Al Fatih, Pemilik Sesungguhnya)
(sya)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak