Barat Kirim Banyak Senjata Rongsokan ke Ukraina, Suku Cadang Harus Dikanibal

Selasa, 20 Juni 2023 - 07:45 WIB
loading...
Barat Kirim Banyak Senjata Rongsokan ke Ukraina, Suku Cadang Harus Dikanibal
Seorang instruktur tentara Polandia mengenakan helm putih berbicara dengan tentara Polandia selama pelatihan perbaikan tank Leopard 2 di Swietoszow, Polandia. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Senjata yang disediakan ke Ukraina oleh Amerika Serikat (AS) dan sekutunya tidak dalam kondisi siap tempur dan harus diperbaiki atau harus dikanibal untuk suku cadang.

New York Times (NYT) melaporkan masalah besar itu pada Senin (19/6/2023). Kiev juga mengeluhkan peralatan bernilai ratusan juta dolar dan dibeli berdasarkan kontrak belum dikirimkan.

Sebagai bukti, NYT mengutip dokumen yang diberikan pejabat Ukraina dengan syarat anonim, yang frustrasi dengan Barat yang mengatakan mereka memiliki cukup senjata untuk menyerang Rusia.

Serangan Ukraina, yang dimulai awal bulan ini, telah mengakibatkan banyak korban jiwa dan peralatan tanpa banyak yang bisa ditunjukkan.

Hingga 30% dari gudang senjata Ukraina sedang menjalani perbaikan pada waktu tertentu, menurut outlet tersebut.

Tak hanya itu, banyak peralatan Barat tiba “dalam kondisi buruk atau tidak dapat digunakan.”



Satu kasus melibatkan 33 howitzer M109 Amerika yang disumbangkan Italia. Menurut Roma, mereka telah dinonaktifkan senjata itu bertahun-tahun yang lalu, tetapi Ukraina meminta agar mereka diperbaharui untuk digunakan.

Seorang kontraktor Amerika dibayar USD19,8 juta untuk melakukan perbaikan. Pada bulan Januari, mereka mengirimkan 13 senjata, yang tiba “tidak cocok untuk misi tempur”, menurut salah satu dokumen Ukraina.

“Perusahaan Amerika, yang menawarkan layanannya, tidak memiliki niat sebelumnya untuk memenuhi kewajibannya,” keluh direktur pengadaan pertahanan Ukraina Vladimir Pikuzo kepada Pentagon dalam surat tertanggal 3 Februari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)