Berubah Pikiran, Kini Jepang Klaim Limbah Nuklir Berbahaya bagi Manusia

Sabtu, 17 Juni 2023 - 23:55 WIB
loading...
A A A


“Pemerintah tampaknya mengambil ‘tongkat pemukul’ untuk Jepang, sambil berusaha membungkam para nelayan yang keberatan dengan pelepasan yang direncanakan. Tapi seperti kata pepatah Korea, Anda tidak bisa menyembunyikan langit dengan telapak tangan. Kebenaran akan menang pada akhirnya,” kata Lee Ki-sam, juru bicara federasi asosiasi petani di Korea Selatan seperti dikutip dari South China Morning Post, Rabu (14/6/2023).

Pihak federasi berencana mengirim tim beranggotakan tujuh orang ke Jepang untuk menunjukkan solidaritas dengan para nelayan Jepang yang merencanakan protes 20 Juni di Fukushima mendatang. Masalah pelepasan limbah adalah salah satu dari beberapa kritik yang menuduh pemerintah Yoon mencoba untuk menutup-nutupi karena mencari hubungan yang lebih dekat dengan Jepang dan Amerika Serikat.

Sebanyak 1,3 juta ton air limbah radioaktif di pabrik Fukushima Daiichi, yang saat ini berada dalam tangki, diperkirakan akan dibuang ke Samudera Pasifik tahun ini, bahkan ketika negara-negara Asia-Pasifik, yang dipimpin oleh Forum Pulau Pasifik, telah menyuarakan penentangan yang kuat terhadap rencana tersebut.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)