Deretan 3 Eks Pemimpin Top Israel yang Dianggap Ateis

Jum'at, 16 Juni 2023 - 15:07 WIB
loading...
A A A
Di masa mudanya, David Ben-Gurion menggambarkan dirinya sebagai orang yang tidak beragama dan tidak menunjukkan simpati yang besar terhadap unsur-unsur Yudaisme tradisional. Anehnya, dia kerap mengutip Alkitab dalam pidato dan tulisannya.

Filsuf ortodoks modern Yeshayahu Leibowitz menganggap Ben-Gurion membenci Yudaisme lebih dari orang lain yang pernah ditemuinya.

Dia dikenal hanya sekali menginjakkan kaki di sinagog Israel, tetap bekerja pada Yom Kippur dan makan daging babi.

Namun, pada masa tuanya, Ben-Gurion menolak untuk mendefinisikan dirinya sebagai "sekuler" dan dia menganggap dirinya seorang yang beriman kepada Tuhan.

Dalam sebuah wawancara tahun 1970, dia menggambarkan dirinya sebagai panteis. "Saya tidak tahu apakah ada kehidupan setelah kematian. Saya kira ada," katanya.

Dua tahun sebelum kematiannya, dia berupaya menegaskan identitasnya sebagai orang yang beriman. "Saya juga memiliki keyakinan yang mendalam kepada Yang Mahakuasa. Saya percaya pada satu Tuhan, Pencipta yang Mahakuasa. Kesadaran saya menyadari keberadaan materi dan roh ...[Tapi] saya tidak dapat memahami bagaimana keteraturan memerintah di alam, di dunia dan alam semesta—kecuali jika ada kekuatan yang lebih tinggi. Pencipta tertinggi ini berada di luar pemahaman saya...tetapi ia mengarahkan segalanya," katanya kepada mingguan sayap kiri, Hotam.


2. Golda Meir


Deretan 3 Eks Pemimpin Top Israel yang Dianggap Ateis

Foto/Wikimedia Commons via ABC News

Golda Meir lahir pada 3 Mei 1898 di Kyiv, yang saat itu bagian dari Kekaisaran Rusia dan sekarang Ibu Kota Ukraina. Dia lahir dengan nama Golda Mabovitch.

Perempuan yang terkenal nyentrik danperokok ini menjabat sebagai PM keempat Israel dari tahun 1969 hingga 1974.

Golda Meir adalah pemimpin wanita pertama di pemerintahan Israel dan satu-satunya setidaknya sampai saat ini. Dia dijuluki "Iron Lady".

Golda Meir kecil berimigrasi dari Kyiv ke Wisconsin, Amerika Serikat (AS) pada tahun 1906. Lulus dari Milwaukee State Normal School, dia sempat bekerja sebagai guru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)